Friday, July 3, 2015

Singapore 2015: Garden by the Bay


Akhirnya kesampaian juga EHS pergi ke tempat ini. Sudah buka lumayan lama sih, tapi ada saja halangan untuk datang ke tempat ini. Tujuan EHS ke Singapore kali ini sebenarnya juga mengunjungi Great Singapore Sale. Tapi GSS-nya agak mengecewakan. Diskonnya tidah seheboh waktu EHS kesini saat ini Great Singapore Sale 2013. Tujuan lainnya adalah untuk memerawani E-Passport baru EHS. Untuk cara membuat E-Passport dapat dilihat disini (E-Passport).

By the way, EHS ini pecinta flora dan fauna. Hobi ini bermula dari waktu kuliah. Waktu itu EHS duduk di depan rumah, terus ada tukang jual bunga lewat bawa beraneka macam mawar. Tapi ada satu mawar yang aneh yang melintas di mata EHS, yaitu mawar hijau. Tergeraklah hati EHS karena keanehannya. Mawar hijau tidak seindah mawar yang lain, karena hampir mirip bunga sama daunnya. Tapi EHS tertarik karena belum pernah EHS melihat mawar berwarna hijau. Setelah itu tanaman menjadi salah satu hobi EHS. EHS sering pergi ke pasar bunga, waktu itu di Bratang, Surabaya. Sampai sempat mengikuti arus tanaman kekinian, mulai dari anthurium (gelombang cinta, jenmani), adenium (kamboja jepang), euphorbia, pink lipstick (lupa namanya), nephentes si pemakan serangga (kantung semar), anggrek, lavender, eucalyptus (minyak kayu putih), sirih merah, cemara (udang dan salju), ekor kera (termasuk pakis-pakisan), silver, kaktus, nanas-nanasan (lupa namanya), lidah mertua, lidah kamu, bibir kamu, senyum kamu, tambah ngaco hehehe .. Tapi yang EHS sebutkan sampai lidah mertua itu benar adanya. Kesalahan dimulai dari lidah kamu yang menggelitik, bibir kamu yang sexy dan senyum kamu yang membuatku ingin berbuat dosa hahaha .. Efek pertama hobi tanaman adalah taman rumah jadi sangat indah. Lama kelamaan, karena kurang tempat tapi tetap beli terus, jadi berkesan kayak hutan hahaha .. Sampai teman-teman EHS selalu bilang, rumah EHS seperti hutan rimba, karena banyak tanaman dan ada anjing 1 ekor, kura-kura ninja (Michelangelo dan Raphael), hamtaro (hamster dari 2 jadi banyak sampai mereka saling memakan sampai akhirnya EHS jual, sisakan seekor jantan dan 4 betina untuk diternakan, terus tiap beranak dijual untuk beli makanan anjing hahaha .. *jahat*), dan terakhir love birds. Jadi bisa mengertikan kalau pecinta tanaman masuk ke taman yang indah, rasanya ada kupu-kupu dalam perut yang menggelitik mau keluar hahaha ..

Garden by the Bay ini taman yang sangat luas, padahal Singapore kan negara kecil. Tapi EHS selalu salut dengan Negara kecil ini. Singapore kalau membuat suatu atraksi selalu tidak mau setengah-setengah. Jadinya taman (seharusnya disebut juga dengan rumah kaca) yang keren ini.
Highlight dari Garden by the Bay ini adalah OCBC Skyway beserta Supertree, Cloud Forest dan Flower Dome. Makanya hanya tiga itu saja yang bayar. EHS tidak mengunjungi Supertree, hanya melihat pertunjukan lampunya saat malam pada jam-jam tertentu dari kejauhan. Cloud Forest berisi tentang tanaman yang ada di hutan hujan tropis. Flower Dome ini yang membuat EHS sangat bahagia di setiap EHS melangkah mengelilinginya. Biasanya tiket masuk Cloud Forest dan Flower Dome dijual dalam satu tiket. Harga menurut webnya SGD 20. EHS banyak mencari di internet kalau Changi Recommends di airport merupakan agen termurah untuk beli tiket ini, ternyata di penginapan EHS bisa lebih murah selisih 1 dolar hehehe .. Dan yang paling penting, jangan kuatir kepanasan kalau ke Cloud Forest dan Flower Dome, karena ada pendingin ruangannya dalam rumah kaca besar itu.


Cloud Forest

Sebenarnya EHS masuk ke Flower Dome duluan baru Cloud Forest. Tapi saran EHS dibalik saja, save the best for the last. Cloud Forest ini berisi bangunan seperti bukit dengan full tanaman dan ada air terjun buatan yang megah beserta kabutnya yang membuat kesan creepy. Cara terbaik mengelilingi Cloud Forest dengan naik lift menuju lantai paling atas, lalu turun tiap lantai. Di Cloud Forest, kita dapat melihat Nephentes atau kantong semar atau tanaman pemakan serangga. Ada banyak macamnya. Ada yang besar, ada yang kecil, ada yang berwarna hijau, ada yang berwarna lain, ada yang perlu air, ada yang tidak perlu apa-apa karena terbuat dari LEGO hahaha .. Selain itu ada batu kristal di sini. Walaupun kamu penggemar akik, tapi sangat dilarang untuk mencongkel kristalnya, apalagi dijual langsung jadi batu akik mentah. Bisa berurusan sama polisi nanti.

















Flower Dome

Pertama kali masuk melewati pintunya, ada hawa dingin yang siap menyambutmu. Dan setelah tiba di dalamnya, EHS merasa kalau rumah kaca ini merupakan yang paling keren yang selama ini EHS pernah lihat. Ada beberapa hal yang sangat membuat EHS senang. Selain bunga-bunga yang tidak pernah EHS lihat, ternyata juga ada kaktus aneh yang berbentuk mirip kaki laba-laba berbulu. Selain itu banyak ukiran kayu berbentuk hewan yang super keren. Dan favorit EHS adalah G-Dragon (eh salah! Bener sih, tapi bukan dragon yang itu yang EHS maksud sekarang hahaha ..), dragon yang terlihat seperti bertengkar dengan burung elang besar. Naga tersebut terletak di lantai 2, terlihat dari sisi taman manapun. Hanya melihat naga itu saja sudah membuat EHS tersenyum lebar selama mengelilingi taman ini.






















Super Like juga sama bunga ini

Kayak ANU-nya Sun Go Kong. Anu ekor maksudnya.


Super Like



Kayak laba-laba yang mengejar Ron di Harry Potter.

Dan terakhir EHS akan berikan foto selfie G-Dragon dan EHS *super like*.




Jangan lupa, setiap malam ada pertunjukan lampu di Supertree (untuk jadwal pertunjukannya berubah-ubah sesuai tema dapat dilihat Supertree disini). Setelah pertunjukan lampu di Supertree, segeralah menuju ke Marina Bay Promenade, karena ada pertunjukan lampu disana diakhiri dengan air yang melibas seluruh koin di mangkuk besar di dekatnya lalu terjun menuju kanal di dalam pusat perbelanjaannya. Jadwal pertunjukan di Marina Bay bisa dilihat Marina disini.



4 comments:

  1. wahh bagusss yaaa....jadi kepengen kesana deh....foto yang malemnya juga bagus, kalo kesini sepertinya harus sampe malem ya, katanya ada laser show gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mamie. Waktu itu EHS masuk sore sih sekitar jam 4 pm waktu setempat, karena tujuannya cuma mau ke Cloud Forest dan Flower Dome saja. Tapi akhirnya nunggu lama karena matahari terbenam sekitar jam 7 pm disana. Tapi masih banyak orang yang menunggu petang, baru masuk ke CF dan FD. Mungkin waktu malam hari lampunya pada nyala semua.

      Delete
  2. wihh gak nyangka ko2 demen taneman. si nyokap juga suka banget dan dulu di rumah lama aku juga nasipnya sama kayak rumah ko2, udah macem hutan belantara gegara si nyokap demen banget beli taneman~~

    btw fotonya bagusssss.. keren ya garden by the bay nya. btw ko2 pake kamera apaan? clear bangett~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu sama ai (mamanya Thea) hahaha ..

      Masih belajar kok ini. Sekarang pake Sony Alpha A5100. Agak kebingungan juga sih pertamanya, biasanya pake kamera poket yang semua serba otomatis.

      Delete