Tuesday, February 1, 2011

Travel Singapore Malaysia

(Ini adalah cerita perjalanan saya waktu ke Singapore Malaysia. Ini adalah trip pertama saya ke luar negeri. Saya memulai perjalanan ini tanggal 25 Januari 2011 dari Singapore dan berakhir pada 30 Januari 2011 di Kuala Lumpur. Enjoy !!!)

Surabaya - Singapore. Selasa, 25 Januari 2011.

Akhirnya setelah berumur-umur hanya mempunyai keinginanan untuk menengok Luar Negri kesampaian juga. Untuk pertama kali ke Luar Negri, negara-negara tetangga adalah pilihan pertama. Selain karena dekat tiket pesawat pasti lebih murah dibandingkan dengan negara yang lebih jauh, selain itu juga karena Singapore menggunakan Bahasa Inggris, sedangkan Malaysia memakai Bahasa Melayu yang serumpun dengan Bahasa Indonesia.

Saya pergi bersama keluarga ditambah nenek saya. Dengan menggunakan maskapai Jet Star yang waktu itu ada promo, kita sampai sekitar jam 18.30. Karena dengan pertimbangan bawa barang banyak, kita memutuskan memakai jasa taxi yang berupa mini van. Taxi dari Changi Airport menuju ke Centre Point di daerah Orchard SGD 50.

Setelah bertemu dengan penunggu apartemennya, dan meletakkan barang-barang kita, kita menuju ke Food Court yang terletak di basement Mall Centre Point. Harga makanannya relatif terjangkau, dari SGD 3 sampai SGD 7 dengan berbagai pilihan.

Setelah makan, kita berjalan-jalan di Orchard Road. Memang Singapore sangat memperhatikan kebersihan dan juga pejalan kaki. Trotoarnya besar, bersih, Mall-mallnya juga bagus-bagus, selain itu jika di jalan, kita dapat mendengar suara burung-burung yang walaupun cuma suara audio yang diulang-ulang, tetapi kesannya adalah asri. TOP buat Singapore.

Singapore. Rabu, 26 Januari 2011.

Hari ini kita akan mengelilingi Chinatown, Singapore dan juga ke Marina Bay. tetapi sebelumnya kita akan membeli tiket masuk Universal Studio dulu. Terima kasih kepada peta gratisan yang dapat diambil bebas di Airport. Di peta itu terdapat iklan tentang tiket masuk Universal Studio dengan harga miring (lebih murah dari counter ticket-nya).

Setelah selesai dengan urusan tiketnya, kami menggunakan MRT dari Somerset menuju Chinatown. Saya sangat menyukai MRT, selain karena cepat, juga harganya yang lumayan murah. Kita berenam hanya membayar SGD 11 dan kartunya dapat di refund. Sangat murah kalau berpergian sendirian. Setelah sampai di Chinatown, agenda pertamanya adalah belanja. Mulai dari coklat, jajanan lokal, suvenir, baju, juga lain-lain. memerlukan waktu hampir 6 jam hanya untuk berbelanja. Di sini juga terdapat kedai makanan yang menjual aneka mie dan nasi juga terdapat sup dengan harga SGD 3 - 5 per mangkoknya.

Setelah itu kita menuju ke Marina Bay. Marina ini sangat indah, Singapore menggarap pariwisatanya dengan sangat baik. tetapi sayangnya baru sebentar menjelajah, hujan turun dengan lebatnya. Karena mengajak orang tua jadi kita mengakhiri hari itu di dalam apartemen dan juga di mall di bawahnya.

Singapore. Kamis, 27 Januari 2011.

Hari ini kita menuju Universal Studio Singapore yang berlokasi di dalam Pulau Sentosa. Karena saya beli tiket USS di travel agent, harga tersebut sudah mencakup tiket mini bus pulang pergi ke Sentosa.

Universal Studio Singapore dibagi menjadi beberapa segmen, Hollywood, New York, Sci Fi City, Ancient Egypt, Lost World, Far Far Away dan Madagascar. Beberapa atraksi yang wajib adalah Lights! Camera! Actions! by Steven Spielberg, Battlestar Galatica, Transformer, Revenge of The Mummy, Jurassic Park Rapid Adventure, Waterworld, Shrek 4-D Adventure. Sayang waktu saya ke USS, Battlestar Galatica masih dalam tahap uji coba jadi masih belum dibuka, apalagi Transformer, bahkan di peta saja Transformer masih belum ada. Harap perhatikan jadwal show-nya, karena permainan bisa kapan saja, tetapi kalau show-nya cuma sekali atau dua kali saja.

Setelah sekitar jam 17.00 kita keluar dari USS dan menuju ke MRT gratis yang berkeliling Pulau Sentosa. Kita turun di Song of The Sea. Pertunjukan laser yang bagus (harga tiketnya sudah lupa karena sudah lama, maaf ya). Setelah selesai kita langsung menuju ke mini bus yang letaknya bersebelahan. Kita diantar menuju ke Orchard Road. Dengan demikian berakhir pula hari yang sangat melelahkan tetapi sangat menyenangkan.

Singapore - Kuala Lumpur. Jumat, 28 Januari 2011.

SINGAPORE

Hari ini adalah hari terakhir di Singapore, karena jam 15.00 kita akan naik bus menuju ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Hari terakhir ini kita khusus membeli oleh-oleh di Chinatown dan juga berkeliling mall di Orchard. Tidak banyak yang dapat diceritakan karena semuanya adalah belanja.

Setelah jam 14.00, kami memutuskan berangkat ke terminal bus di Lavender Street. Karena barang bawaan kami bertambah alias membengkak, kami tidak mungkin naik MRT, jadi taxi lah
satu-satunya pilihan yang tersisa. Kami memanggil taxi yang kemarin mengantar kami dari airport ke apartemen.

MALAYSIA

Karena kami tiba di terminal bus sudah sangat malam, kami memutuskan untuk memakai taxi, selain itu barang kami juga sangat banyak sehingga hanya taxi pilihannya. Tidak banyak yang dapat diceritakan karena datangnya sudah sangat malam.

Kuala Lumpur. Sabtu, 29 Januari 2011.

Pagi ini bangun di negara yang sangat berbeda dengan Singapore. Di negara ini, kita harus extra hati-hati. Karena hal yang terjadi ketika kami memulai perjalanan ke luar hotel, ada sepasang orang India yang sedang dicopet. Tetapi untungnya ketahuan, dan sang istri memukuli, menampar, menjambak rambut pencopet tersebut. Akhirnya pencopet itu membuang hand phone orang India itu sehingga ketahuan. Dan terakhir, sang istri menambah tamparan kepada pencopet yang masih berusia kira-kira 27 an itu sebelum di dorong keluar dari MRT. Pagi yang seru dan mengerikan di hari pertama di Kuala Lumpur.

Lalu kita melanjutkan perjalanan menuju Suria KLCC dan juga Petronas Twin Tower yang berada di satu lokasi. Sayangnya kita tidak dapat tiket untuk menuju jembatan yang berada di tengah-tengah Petronas Twin Tower. Jadi kita hanya foto-foto di depan Petronas Twin Tower dan kemudian menjelajah mall Suria KLCC
. Mallnya pun bagus banget, sangat modern, sangat bersih, sangat aman (berbeda dengan kejadian pencopetan tadi pagi).

Setelah itu kita menuju ke Central Market dan Chinatown yang berada di jalan Petaling. Saya sangat puas dengan kedua pasar itu. Benar-benar pasar yang sesungguhnya. Barang yang dijual pun lumayan dengan harga yang kalau pintar menawar bisa mendapat harga yang murah.

Setelah itu kembali ke Brisdale hotel untuk istirahat dan packing. Karena besok kita akan pulang kembali ke Surabaya, Indonesia tercinta.

Kuala Lumpur - Surabaya. Minggu, 30 Januari 2011.

Hari terakhir dari trip Singapore Malaysia. Kita hanya punya sedikit waktu sisa sehingga kami tidak berencana pergi kemana-mana, hanya ke pasar di depan hotel kami berada. Kami juga mencoba berbagai makanan di restauran di depan hotel kami tapi rasanya ya masih layak makan biar ga terlalu enak. Setelah itu kita kembali ke kamar dan membereskan barang bawaan kami yang agak tidak muat untuk masuk ke dalam tas hehehe.

Hanya pemberitahuan kalau di Kuala Lumpur juga rawan macet sehingga perjalanan dari hotel ke LCCT yang bisa ditempuh 2 jam menjadi 3 jam. Untung hotel tempat kami menginap sudah hafal dengan situasi kota Kuala Lumpur, jadi kita 5 jam sebelum keberangkatan sudah dipesankan taxi.

Secara keseluruhan saya masih lebih menyukai Singapore dari Malaysia, tetapi Malaysia juga sudah lumayan bagus kok.