Sunday, June 1, 2014

Korea 2014: BIFF Street + Jagalchi Market

Untuk lihat itinerary klik >>>>>ITINERARY<<<<<

Selasa, 13 Mei 2014. Busan - Seoul.


Hari ini kita akan berangkat ke Seoul pada sore hari. Jadi kita punya waktu dari pagi sampai siang untuk menjelajah Busan. Tetapi karena kemarin kurang istiahat, maka hari ini pun berangkatnya juga agak telat. Memang sulit tepat waktu kalau kita berjalan bersama group yang banyak orang.


BIFF Street


BIFF ini adalah singkatan dari Busan International Film Festival. Dahulu festival film ini dijalan ini, tetapi sekarang sudah memiliki gedung sendiri di dekat Shinsegae Centum City. Bahkan dapat dilihat dar rooftop-nya Shinsegae. Kalau ingin melihat gedungnya bisa dilihat di postingan yang ini KLIK DISINI.

Yang istimewa disini adalah jajanannya. Di sini banyak jajanan yang disukai para artis yang dahulu mempromosikan filmnya disini. Sampai-sampai banyak penjual yang menampilkan foto-foto artis-artis yang makan jajannya di gerobaknya. Bahkan sampai sekarang, kalau kebetulan ada artis berkunjung ke Busan, mereka tidak lupa mampir kemari hanya untuk memakan jajanan disini. Tetapi menurut EHS yang paling istimewa disini adalah Hotteok. Dahulu EHS juga sudah pernah membahas. Dan EHS juga pernah makan hotteok yang lain. Tetapi untuk rasa, menurut EHS yang disini yang paling enak dan harus antri untukmembelinya. Tetapi jangan khawatir, karena proses pembuatan yang tidak rumi, walaupun antri panjang tetap tidak memakan waktu lama.






Jagalchi Market


Jagalchi market merupskan fish market terbesar di Korea. Karena letak Busan yan berada di pinggir laut, jadi kebanyakan masih hidup. Jadi kita bisa jalan-jalan melihat satwa laut, atau beli langsung dan diiris menjdi sashimi yang enak, atau juga bisa beli bahannya terus dimasak di resto di lantai atas. Tetapi banyak forum traveling yang berkata makan disini sangat mahal. Karena kita sudah beli bahannya, lalu dibawa ke resto untuk dimasak. Dan jasa untuk tiap maskan adalah KRW 5,000. Jadi jasanya saja sudah IDR 55,000. Jadi memang sangat mahal. Jadi lebih baik makan di kedai makanan laut yang ada disekitarnya saja. Bisa saja lebih murah. Kalau EHS sih aslinya ingin mencoba bebearapa yang di kedai seperti yang disarankan di travel forum. Tetapi karena kita sudah jajan yang berlebihan, karena semua belum perna ke Korea, jadi jajannya berlebihan, akhirnya semua sudah kekenyagan jajan hehehe .. Akhirnya tidak jadi mencoba seafoodnya.









Setelah puas melihat flora dan fauna laut, kita jalan ke belakang marketnya. Dan kita akn menemukan dermaga yang keren baik untuk #selfie maupun #wefie hehehe .. Jadi langsung dilihat saja bagusnya dermaga disini. Jadi kalau ke Busan, jangan lupa mampir ke Jagalchi Market dan kebelakangnya untuk ke dermaganya.










Busan Station - KTX - Seoul Station

Setelah hari sudah menginjak sore, waktunya kita pulang ke hotel untuk mengambil barang dan menuju ke Busan Station. Kita akan menuju Seoul dengan mnggunakan KTX (shinkansen/bullet train-nya Korea). Perjalanan dari BusanKe Seoul kalau menggunakan bus bisa 5-6 jam. Dengan KTX ini hanya 2,5 jam.   Sayangnya EHS lupa untuk foto apapun disini termasuk di KTX nya. Karena semua dari dalam seperti kereta biasa. Jadi EHS tidak merasa ada yang istimewa. Hanya saja, ketika kereta memasuki terowongan, maka telinga kita akan terasa kdap seperti kalau kita akan mengudara atau menelam di kedalaman. Dan akhirnya kita sampai di Seoul Station dengan selamat dan langsung menuju ke penginapan dan istirhat.



< Prev                                                                                                                                             Next >

2 comments:

  1. eh do....ke korea kalo jalan sendiri gak ribet kan ya? kendala bahasa gimana do? pada ngerti english gak sih orang sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bahasa sih emang jarang yang bisa inggris. Tapi menurutku sih ga ribet. Soalnya pihak pariwisata Korea sangat profesional. Banyak brosur, peta, dan buku panduan diberikan gratis di bandara. Dan itu sangat membantu. Selain itu, di website KTO (Korea Tourism Organization) juga sangat lengkap. Bisa dilihat di lapaknya langsung http://asiaenglish.visitkorea.or.kr/

      Selain itu, KTO juga buka cabang di Jakarta. Berbahagialah orang yang tinggal di JKT (Aku ga bisa mampir kesana sebelum berangkat karena jauh).

      • Address: Suite 2102A, Wisma GKBI 21th Fl. JL Jend.Sudirman No.28 Jakarta 10210,Indonesia
      • Operating hours: 8:30 - 5:30
      • Working days: Monday to Friday (Excluding Public Holidays or otherwise stated)

      Kelemahannya untuk menuju subway-nya banyak tangganya dibanding escalator. Dan juga jalur subway-nya jauh lebih banyak dari Singapore. Tapi biasanya di informasi tempat wisata yang ada di brosur ada jelas kalau menuju kesini turun station apa dan exit berapa. Lumayan jelas kok. Jadi bisa dibilang ga ribet kok kalau mau ke Korea.

      Delete