Monday, July 2, 2012

Persiapan Korea Selatan


Halo sahabat EHSNOUTA, tahun 2012 ini adalah tahun jalan-jalan. Karena selain September ke Thailand, bulan Oktober yang kebetulan ulang tahun penulis, penulis menghadiahi diri sendiri (kasihan ga ada yang menghadiahi) dengan tour ke Korea Selatan. Rencananya di Korsel ini berangkat 8 Oktober 2012 sampai 18 Oktober 2012. Dan kota-kota yang dikunjungi adalah Seoul 9-11 Oktober 2012, Sokcho 11-12 Oktober 2012, Gyeongju 12-13 Oktober 2012, Busan13-14 Oktober 2012, Seoul 14-18 Oktober 2012. Jeonju, Nami Island dan Gyeonggi hanya tour setengah hari. Saya tidak pergi ke Jeju karena setelah mencari keterangan di internet, Jeju agak mahal. Lain kali aja kalau ada kesempatan.

Pesawat
Saya menggunakan AirAsia waktu promo. Harganya dari Surabaya – Kuala Lumpur – Incheon PP seharga IDR 2.640.000,- sudah termasuk bagasi 15 kg waktu pulangnya.

Transportasi
Selama di Seoul dan Busan saya akan menggunakan SMRT. Di Seoul saya akan membeli T Money untuk memudahkannya. Kalau di kota-kota lain akan menggunakan kombinasi Intercity Bus dan Express Bus. Saya juga menggunakan bus gratis dari Visit Korea Year untuk ke Jeonju dan Busan.

Akomodasi
Untuk akomodasi umumnya akan menggunakan sekelas hostel dan guesthouse dengan kisaran harga KRW 19000 – 23000. Saya akan mencari akomodasi yang dekat dengan moda transportasi agar memudahkan dalam perjalanan. Seoul 1 menginap di Hongdae Guesthouse, Sokcho di The House Hostel, Gyeongju di Sarangchae Guesthouse, Busan di Zen Backpacker dan Seoul 2 di IS@K Guesthouse.

Itinerary

8 Oktober 2012  (Kertosono – Surabaya – Kuala Lumpur)

Hari pertama ini dihabiskan seluruhnya untuk perjalanan.  Dari siang saya akan berangkat dari Kertosono ke Surabaya. Lalu menuju Bandara Juanda dan terbang ke Kuala Lumpur. Setibanya di LCCT Kuala Lumpur, saya harus menunggu untuk ke Seoul karena pesawat berangkat jam 1 dini hari (keesokan harinya).


9 Oktober 2012 (Kuala Lumpur – Incheon – Seoul)


Pesawat berangkat jam 01.00 dini hari dan akan sampai di Incheon sekitar jam 08.20. Disempatkan beli T Money di airport untuk SMRT. Setelah itu mampir ke hostel untuk check in dan menaruh barang. Setelah itu kita mampir ke Myeongdong yang merupakan salah satu daerah happening di Seoul. Lalu di sambung ke National Museum. Setelah itu berangkat ke Gwanghwamun Square. 


Di Gwanghuamun ini terdapat patung King Sejong, laksamana Yi Sun-Shin, air mancur music, Cheongyecheon stream seperti sungai kecil yang dialiri air dingin yang sangat bersih juga ke Deoksugung Palace. Biasanya orang memasukkan kakinya untuk spa gratis agar lelah pada kaki hilang.



10 Oktober 2012 (Seoul – Jeonju – Seoul)


Hari ini rencananya akan ke kota Jeonju dengan bus gratis Visit Korea Year. Tempat berkumpulnya di daerah Gwanghwamun tepatnya di Donghwa Duty Free. Bus berangkat jam 08.00 tepat dan memerlukan waktu sekitar 3 jam dan diturunkan di Riviera Hotel. Di Jeonju ini ada beberapa tempat menarik. Diantaranya adalah Rodeo Street jalan yang banyak terdapat kios-kios yang sangat menarik, Pungnamun Gate, Jeondong Cathedral dan Jeonju Hanok Village. Setelah itu kembali ke tempat menunggu bus. Jam 17.00 tepat bus akan kembali ke Seoul. Setelah samapi rencananya saya akan mengambil Night Tour yang berada di tempat yang sama dengan Bus Visit Korea.


11 Oktober 2012 (Seoul – Sokcho)


Pagi sampai siang hari ini akan dihabiskan dengan perjalanan dari Seoul ke Sokcho. Setelah tiba di Sokcho dan setelah check in dan menaruh bawaan, kita akan langsung ke Mt. Soeraksan. Hari ini dihabiskan di Mt. Soeraksan ini, kita bisa menaiki cable car dan sisanya kita mendaki.


12 Oktober 2012 (Sokcho – Gyeongju)

Pagi hari ini akan mengunjungi Rodeo Street di Sokcho dan menyebrang ke Abai Village. Abai Village adalah lokasi shooting film All In yang dimainkan oleh Gong Hye Gyo (artis favoritku) dan perkampungan imigran Korea Utara sehingga disini kita bisa mencoba makanan khas Korea Utara. Setelah itu kita berngkat ke Pohang (kota transit untuk ke Gyeongju) setelah itu ke Gyeongju.


13 Oktober 2012 (Gyeongju – Busan)


Sebetulnya Gyeongju adalah kota yang memiliki banyak tempat istimewa, karena kota ini adalah kota sejarah. Tetapi saya hanya mengambil sebagian saja. Yang pertama adalah Bulguksa Temple, lalu ke Seokguram Grotto, setelah itu ke Tumuli Park. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Busan.
Busan merupakan kota terbesar kedua setelah Seoul. Gyeongju ke Busan memakan waktu kira-kira hanya satu jam. Di Busan kita akan mengelilingi daerah Seomyeon yang merupakan daerah happening di Busan. Malam harinya dapat membeli Night Tour yang menyusuri jembatan-jembatan indah yang menyebrang laut.


14 Oktober 2012 (Busan – Seoul)

 
Jadwal hari ini adalah ke Jagalchi Market yang merupakan pasar ikan terbesar di Busan. Setelah itu ke Gukje Market untuk mencoba wisata kuliner. Setelah itu kita ke Dongnae Foot Bath Hot Spring, ini adalah kebalikan dari spa Cheongyecheon stream yang di Seoul. Kalau di Seoul airnya dingin, kalau di Busan airnya panas. Setelah itu ke Shinsegae Centum City yang merupakan mall terbesar di Busan. Setelah sore, kita berkumpul di Lotte Hotel untuk menaiki bus gratis dari Visit Korea Year menuju ke Seoul.

15 Oktober 2012 (Seoul – Namisun Island – Seoul)


Jadwal hari ini adalah pergi ke Nami Island yang merupakan lokasi shooting film Winter Sonata yang diperankan oleh Bae Yong Jun dan Choi Ji Woo. Film yang membuat nama Korea Selatan diperhitungkan oleh dunia. Sorenya akan mengelilingi daerah Insa dong yang merupakan jalan dengan kios-kios yang menjual barang-barang antik. Setelah itu ke Gwangjang Market untuk wisata kuliner dan dilanjutkan ke Dongdaemun sampai tengah malam untuk berbelanja. Dongdaemun merupakan pusat perbelanjaan yang sebagian tokonya buka sampai 24 jam.


16 Oktober 2012 (Seoul – Gyeonggi – Seoul)


Jadwal hari ini adalah pergi ke Yongin MBC Dramia yang berada di kota Yongin di daerah Gyeonggi. MBC ini adalah kerajaan buatan MBC yang dipakai untuk keperluan shooting. Film-film yang sudah dihasilkan adalah Jumong, Dong Yi, The Moon That Embrace The Sun.
Sore harinya akan mengunjungi Handel Gretel, yaitu café yang dijalankan oleh Yesung salah satu personel Super Junior, boyband Korea yang terkenal sampai di dunia. Setelah itu keliling daerah Jongno 3(sam)-ga dan Itaewon yang banyak club dan café-nya.


17 Oktober 2012 (Seoul)


Jadwal hari ini adalah ke Gyeongbokgung Palace yang merupakan kerajaan asli Korea jaman dahulu. Setelah itu ke COEX Mall untuk mengunjungi Kimchi Field Museum dimana kita dapat melihat perkembangan kimchi dari dulu sampai sekarang. Setelah itu ke Myeongdong dan Dongdaemun lagi untuk belanja.

18 Oktober 2012 (Seoul – Incheon – Kuala Lumpur – Surabaya – Kertosono)

Hari terakhir dan hari yang sangat melelahkan karena sebagian dihabiskan di perjalanan dan transit. Jadi tidak ada cerita hehe ..

By the way, semua hotel sudah book dan bus Visit Korea Year juga sudah daftar, tinggal Visa Korea aja yang belum. Doakan saya agar lancar ya. Nanti saya kasih oleh-oleh cerita yang lebih nyata. Ini kan sekedar persiapan. Salam berpetualang.

18 comments:

  1. Hai, salam kenal. Itinerary ini berguna banget! Saya dan teman berencana mengunjungi Korea pada tanggal yang sama (8-18 Okt 2012). Wah bisa ketemu doong hehehe. Dan itinerary kita mirip nih (kyknya dr buku yg sama nih ^_^) wlpun kami ga ke Sokcho dan Gyeongju.

    Yg ingin saya tanyakan adalah soal shuttle bus gratis dr Busan ke Seoul. Bukannya ga bisa ya?? soalnya saya liat situsnya, kl utk single trip ga bisa "other city > Seoul", bisanya "Seoul > other city" Mohon pencerahannya. Thx u in advance ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sih. Kelihatannya dari buku yang sama hehe. Cuman ketambahan trip ke Yongin MBC Dramia. Tempat shooting-nya Jumong, Dong Yi (kalau ga salah), sama film terakhir The Moon That Embraces The Sun. Saya ngotot ke sini karena saya fans sama film sejarah apalagi Korea mengemas film ini dengan sangat bagus hehe.

      Memang tidak ada bus gratis dari Busan ke Seoul. Jadi ya aku ada cadangan naik bus. Tetapi tidak ada salahnya mencoba, lagian bus gratis ini bisa langsung naik tanpa booking dulu. Sehingga kalau misal ada kursi kosong, kita bisa tetap dapat tanpa booking dulu. Tapi saya tetap menganggarkan biaya bus kalau misal ternyata ga dapat kursi.

      Delete
  2. Hai.....seru sekali itinerary-nya....saya juga berencana mau ke korea tgl. 26 des - 08 jan dan agenda saya sama banget dengan agenda-mu..... Saya boleh minta informasi untuk guesthouse di gyeongju yang recommended ?? soalnya saya caba booking via internet di Sa Rang Chae Guest House tapi blum dapat konfirmasinya sampe sekarang... Takutnya pas go show tempatnya penuh.... Mohon infonya ya... Terima kasih....:)

    Jane (janeiriany@yahoo.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga .. Sa Rang Chae Guest House memang agak lama menjawab. Saya juga pernah mencoba waktu 3 bulan yang lalu, trus disuruh menghubungi kalau sudah 1 bulan. Jadi saya memutuskan untuk menginap di tempat lain.

      Sebetulnya ada 1 hostel di dekat bus (lupa namanya) tapi waktu saya book sudah penuh. Jadinya saya pilih Gyeongju Guest House. Dari foto kelihatannya bagus. Tetapi jauh dari terminal bus. Tetapi sangat dekat dengan Stasiun KA. Dapat dilihat di bawah ini.

      http://www.hostelworld.com/hosteldetails.php/Gyeongju-Guesthouse/Gyeong-ju/55068

      Delete
  3. aku ada rencana mau ke korea akhir tahun ka, bisa minta sarannya gak soal persiapan ke koreanya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke koreanya berapa hari?? ke kota apa saja?? korea biar di peta kelihatan kecil tetapi sebetulnya besar. jadi perlu lebih spesifik.

      Delete
  4. Hai, salam kenal. Gmn caranya ke yongin ya sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya MAS BRO, bukan sis wkwkwk ..

      Yongin MBC Dramia itu berada di kota Yongin. Ambil bus dari Seoul NambuBus Terminal ke Baegam Bus Terminal. Transfer bus 35-1 atau naik taxi. Tetapi info ini waktu aku ke Korea tahun 2012 ya. Jadi masih berlaku atau ada perubahan saya tidak tau. Lebih baik cari info lagi sewaktu tiba di Seoul. Ada banyak Tourist Information Center. Lebih baik berjaga-jaga. Selamat bersenang-senang di Korea.

      Delete
  5. transportasi termurah dari busan ke seoul apa ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termurah pakai bus (biasa) yang berhenti disetiap terminal. Ada juga yang express tetapi harganya juga lebih mahal, tetapi lebih cepat karena hanya berhenti di beberapa terminal saja. Di atas bus ada kereta api (yang biasa). Temanku menganjurkan memakai kereta api, lebih lama dari bus, harga lebih mahal dikit, tetapi pemandangan yang dilihat sangat bagus. Yang paling mahal adalah kereta cepat seperti shinkansen jepang.

      Delete
  6. Salam kenal. Terimaksih untuk informasinya. Mau minta saran, saya berencana kesana 10hari oktober tahun ini. Daerah yg ingin saya kunjungi, Seoul, Busan, Sockho, Jeonju. Boleh minta saran rutenya? Saya jg pakai keonji free shuttle bus. Lebih baik seoul-busan-jeonju-seoul-sockho-seoul apa seoul-jeonju-sockho-busan-seoul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal ;p

      Seoul - Jeonju - Busan itu satu rute. Kalo Sokcho - Busan itu beda rute, walaupun bisa, tapi perjalanan bakal lama. Makanya biasanya sarannya adalah ganti bus di kota Pohang. Kalau tidak ke Gyeongju, lebih baik Seoul - Busan - Jeonju - Seoul - Sokcho - Seoul. Karena Seoul - Sokcho kurang lebih 3 jam pakai bus intercity. Kalau pakai bus express hanya 2 jam an. Lumayan dekat sih.

      Keonji free shuttle bus, EHS tidak menemukan hal itu di google jadi tidak dapat menjawabnya.

      Delete
  7. Terimakasih buat sarannya, sangat membantu. Maksud saya Jeonju Free Shuttle Bus, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Senang bisa membantu. Have fun ;p

      Delete
  8. Halo mas Edo, boleh saya nanya itinerary perjalanan ke Koreanya pas Oktober? Sekalian mau nanya untuk outfitnya apakah butuh coat yang tebel selama perjalanan.. Ditunggu kabarnya, terimakasih banyak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anggi. Di blog emang ga ada itinerary Korea Oktober 2012. Kalau mau EHS bisa emailkan. Tapi itinerarynya banyak yang terlewatkan. Yang dijalani ada dipostingan berikutnya setelah postingan ini. Lihat satu persatu.

      Suhu Korea menurut Accuweather minimal -1 C (malam) sampe 9 C (siang). Itu berarti kalau siang cukup jaket tipis, sweater, cardigan. Kalau malam perlu diDOBELI jaket lagi atau coat panjang seperti jas yang banyak muncul di film2 korea. Menurut EHS bawa jaket tebal belum perlu. Tapi itu balik lagi sih ke ketahanan badanmu. Kalau EHS sih tahan. Yang penting itu, jaketnya harus ketat di pergelangan tangan maupun leher. Soalnya anginnya kencang pada bulan2 ini. Atau pake long john sebgai dalaman juga bagus, karena ketat dan bahannya agak hangat.

      Delete
  9. Hallo Mas Edo, saya rencana mau ke korea bulan april 2017 sama teman-teman saya. Pas lagi searching nemu blog Mas Edo ini hehehehe. Yang bikin penasaran sih bagian :

    "Selama di Seoul dan Busan saya akan menggunakan SMRT. Di Seoul saya akan membeli T Money untuk memudahkannya. Kalau di kota-kota lain akan menggunakan kombinasi Intercity Bus dan Express Bus. Saya juga menggunakan bus gratis dari Visit Korea Year untuk ke Jeonju dan Busan."

    Nah saya dan teman-teman rencananya mau berkunjung ke Busan. Kira-kira bus gratis dari visit korea year ini masih tersedia nggak ya? Kalaupun masih bisa, gimana cara booking nya ya? Terima Kasih Mas Edo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku sekarang free shuttle sudah tidak tersedia (CMIIW). Tapi sebetulnya harga bus juga ga terlalu mahal. Malah temen korea saya merekomendasikan untuk naik train biasa, bukan yg ktx kereta cepat. Selain murah, pemandangannya lebih bagus.

      Delete