Monday, January 6, 2014

Visa & Visa Exempt (Free Entry) Taiwan

(Update untuk Visa Waiver Jepang yang GRATIS, bisa digunakan untuk apply Visa Exempt Taiwan yang GRATIS juga ada di bagian bawah)

Halo Sahabat EHSNOUTA, baru saja tahun baru dimulai, dan EHS mendapat hadiah lagi hehehe .. Sebentar lagi EHS akan ke Taiwan bersama keluarga ditambah emak, jadi total 6 orang. Pastinya EHS harus mengurus Visa Taiwan untuk mereka. Setelah sibuk mengurus persiapan dokumennya, EHS membaca artikel dari WIKI tentang negara-negara mana saja yang dapat dimasuki pemegang paspor Indonesia tanpa menggunakan Visa ataupun dapat dengan Visa On Arrival (VOA). Dan ternyata Taiwan dapat dimasuki dengan tanpa Visa tetapi dengan syarat khusus, yaitu memiliki Visa dari negara-negara tertentu (termasuk Australia). Jadi EHS dan keluarga yang kebetulan memiliki Visa Australia bisa masuk dengan GRATIS HAHAHA .. EHS akan membahasnya setelah pembuatan Visa Taiwan yang biasa.


Visa Taiwan

Pembuatan Visa Taiwan ada beberapa kategori seperti turis (biasa), bisnis, pelajar, kerja, dll. Semua dapat dilihat di link ini: http://www.roc-taiwan.org/ID/ct.asp?xItem=352484&ctNode=9324&mp=292

Yang akan EHS bahas adalah Visa Turis (Reguler). Yang diminta dari Kedutaan Taiwan (TETO) adalah:
1. MENGISI FORMULIR DI https://visawebapp.boca.gov.tw, LENGKAP DENGAN TANDA TANGAN PEMOHON DAN MELAMPIRKAN PASFOTO 6 BULAN TERAKHIR UKURAN 4X6 CM (berwarna dan background putih) 2 LEMBAR
2. MASA BERLAKU PASPORT MINIMAL 6 BULAN (untuk single entry),
MINIMAL 12 BULAN (untuk multiple entry).
3. SURAT KETERANGAN KERJA DARI KANTOR atau SURAT KETERANGAN SEKOLAH BAGI PELAJAR ( asli dan diatas kop surat resmi )
4. FOTOKOPI REKENING TABUNGAN.
5. FOTOKOPI KARTU KELUARGA.
6. BIAYA VISA SINGLE ENTRY Rp.460.000,- VISA MULTIPLE ENTRY Rp. 920.000,-

Berhubung mengurusnya harus ke Jakarta, maka lagi-lagi EHS menggunakan jasa Panorama Tour untuk pengurusan Visa Taiwan kali ini (sudah terlalu sering iklan Panorama Tour nih, kapan rejekinya datang ya hehehe). Dan inilah syarat-syaratnya.


EHS sangat puas dengan pelayanan Panorama Tour. Kalau dihitung Rp. 525.000,- + 1% = Rp. 530.250,-. Selisih dengan mengurus sendiri hanya Rp. 70.250,- bayangkan kalau ditambah biaya transport ke Jakarta, makan, hotel, dll.


Lho, katanya ada free entry permit?? Kok masih buat Visa?? Berhubung emak EHS ga ikut ke Australia kemaren, jadi EHS tetap harus membuatkan Visa Taiwan. Jadi EHS juga bisa tetap memberitahukan persyaratan pembuatan Visa Taiwan kepada Sahabat EHSNOUTA.


Visa Exempt Taiwan

Setelah membaca artikel di WIKIPEDIA, EHS mencoba menghubungi TETO (Kedutaan Taiwan) untuk mencari tahu kebenaran dan caranya. Untuk caranya bisa klik di link ini: http://www.boca.gov.tw/content?mp=2&CuItem=1443

Jadi ada beberapa negara yang dapat masuk ke Taiwan tanpa Visa. Ada beberapa yang diberikan Visa Exempt selama 90 hari, dan juga yang hanya diberikan 30 hari.

Khusus untuk pemegang paspor India, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Indonesia yang ingin berkunjung ke Taiwan dapat mengajukan permohonan Sertifikat Otorisasi Masuk Taiwan (Authorization Certificate for Visit Taiwan) melalui Aplikasi Online, dengan memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut : 

I. Syarat utama : (sesuai ketentuan berikut ini)
  1. Paspor, dengan masa berlaku lebih dari 6 (enam) bulan. Terhitung saat memasuki Taiwan, bukan saat melakukan permohonan Aplikasi Online ;
  2. Tiket pulang, atau memiliki tiket perjalanan keluar Taiwan, tiket pesawat / kapal laut ;
  3. Tidak pernah menjadi Tenaga Kerja Asing buruh kasar (TKI) di Taiwan.
II. Syarat khusus : (memiliki salah satu dari ketentuan berikut ini)

Memiliki salah satu Dokumen Perjalanan yang masih berlaku dari negara-negara berikut ini :
Amerika, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru & Perjanjian Eropa Schengen, berupa :
(1) Izin Tinggal Tetap (Permanent Resident Card) atau (2) Visa resmi yang masih berlaku
(Visa single entry jika sudah digunakan, sudah tidak berlaku). (salah satu dari 2 (dua) dokumen tersebut, wajib di tunjukkan saat pemeriksaan imigrasi memasuki Taiwan, bagi yang tidak dapat menunjukkan dokumen tersebut, tidak dapat memasuki Taiwan)

III. Ketentuan-ketentuan yang harus di perhatikan :
  1. Masa berlaku Sertifikat Izin Masuk Taiwan (Authorization Certificate for Visit) adalah 30 (tiga puluh) hari, dan untuk perpanjangan dapat dilakukan 7 (tujuh) hari sebelum masa berlaku berakhir; dalam masa tenggang waktu dapat melakukan beberapa kali perjalanan (Multiple).
  2. Jika ada pengisian data yang salah, dapat langsung mengajukan permohonan yang baru.
  3. Hanya berlaku untuk Paspor resmi, tidak berlaku untuk Paspor sementara/SPLP, Paspor darurat, Paspor tidak resmi atau dokumen perjalanan lainnya.
  4. Hanya berlaku untuk Visa resmi, tidak berlaku untuk Visa izin kerja atau dokumen lain yang serupa.
Dan ini link langsung ke web pengisian: https://oa1.immigration.gov.tw/nia_southeast/


Ini merupakan hadiah buat EHS di awal tahun ini. Bayangin saja misal EHS tidak punya Visa Australia, EHS harus membayar Rp. 530.250 * 6 orang =  Rp. 3.181.500,- dan sekarang tinggal Rp. 530.250,- saja. Jadi EHS bisa menghemat Rp. 2.651.250,- HAHAHA ..

Jadi untuk Sahabat EHSNOUTA, apabila ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya. Saran EHS, hubungi Kedutaan Taiwan (TETO) untuk bertanya apakah Visa Exempt masih berlaku. Berjaga-jaga lebih baik dari pada terlanjur pergi ternyata sudah tidak dapat dipakai. Dan surat ini hanya berlaku hanya 30 hari. Jadi harap diperhatikan tanggal permohonan dan tanggal keberangkatannya.

So, Taiwan here I come ...


UPDATE 21 April 2016

Visa Waiver Jepang yang GRATIS (artikel tentang pembuatan Visa Waiver lihat disini) ternyata bisa dipakai untuk mengajukan Visa Exempt.

Sumber http://www.boca.gov.tw/ct.asp?xItem=6464&ctNode=868&mp=2

Dengan demikian, maka Visa Taiwan juga bisa gratis. Tetapi saran EHS hubungi pihak kedutaan, dan buka web diatas untuk menetahui masih berlaku atau tidak. Selamat menikmati Taiwan ;)

57 comments:

  1. wahh asiknya yang mau ke Taiwan.....ditunggu posting jalan2nya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap laksanakan mamie hehehe ..

      Delete
    2. @Bilil157 Wah maaf saya bukan travel agent. Tetapi buat sendiri sekarang mudah kok di kantor imigrasi terdekat. Kalau biaya pembuatan paspor resminya kena 270rb (pada saat ini). Tetapi biasanya ada tambahan kayak materai, dll.

      Delete
    3. hehehehe kirain agent travel om

      Delete
  2. wow... nice info2.... kalo gw suatu saat gw ke taiwan.. gw bakal balik lagi liat nih postingan... hehehe... semoga semua lancar yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Ini sangat membantu untuk menghemat uang wkwkwk .. EHS juga bersyukur banget bisa menemukan ini sebelum berangkat. Bayangkan apabila sudah bayar visa trus baru tau ini. Bisa bete selama di Taiwan hahaha ..

      Delete
  3. alow EHS... Saya coba add kamu di fb.. biar ngobrolnya lebih gampang hehehe
    tolong di accept ya..
    saya mau tanya2 tentang korea nih hehe
    boleh kan ?
    thank you yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget. Emang saya share biar bisa membantu yang membutuhkan wkkwkw .. Emang namanya siapa di FB?? Akan saya cari deh.

      Delete
  4. Halo halo, boleh tau gak ngurus Visanya di travel agency mana, kalo boleh bisa minta CP travelnya jg dong. aku bulan depan mau ke taiwan (udah beli tiket) tapi belum ngurus visa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget. Panorama Tour. Search aja di google. Kalo aku sih pake yang cabang Surabaya 031-5994777. Twit @PanoramaToursID .

      Delete
    2. wah aku di malang kok jadi dket ksurabaya.
      waktu itu masnya berapa hari ngurus visanya?
      thank you banget yaaa

      Delete
    3. Kalau ga salah ingat 14 hari. Tapi 10 hari sudah keluar.

      Delete
    4. kalo misal apply visa kunjungan wisata biasanya bisa stay di taiwan berapa lama ya?

      Delete
    5. 30 hari dan ga bisa diperpanjang. Itu yang tertulis di foto visa taiwan diatas. Bisa dilihat di fotonya langsung.

      Delete
  5. terimakasih buat infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. EHS senang bisa membantu. Have fun ya di Taiwan !! Dan jangan lupa oleh-olehnya hahaha ..

      Delete
  6. halo EHS,
    kalo misalnya berencana tinggal di taiwan sekitar 2 bulan, untk tiketnya gimana? apa bisa langsung issue tiket untuk 2 bulan di sana? atau gimana?
    untuk yg punya visa usa masih berlaku,apply visa bisa secara online n gratis. yang saya tanyakan pengambilan visanya apa harus datang ke kantor TETO jakarta? atau gimana?
    makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa, kalau untuk tiket pesawatnya jelas bisa-bisa aja. Anggap saja kamu beli tiket hanya saja tanggal berangkat dan pulang selisih 2 bulan.
      2. Setau EHS, visa gratis itu hanya bisa 30 hari. Jadi kalau 2 bulan EHS tidak yakin bisa. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya hubungi kedutaan besar Taiwan saja.
      3. Seperti yang EHS jelaskan di atas tentang visa exempt ini, kita hanya perlu mengisi data di web nya. Setelah semua benar, kita akan diberi surat pernyataan. Kita tinggal cetak surat tersebut, dan jangan lupa untuk membawa serta VISA USA yang masih berlaku tersebut beserta surat tadi. Jadi kita tidak akan diberi tempelan visa Taiwan, tetapi hanya dapat stamp Taiwan (layaknya masuk ke Singapore, Malaysia ataupun Thailand).

      Delete
    2. makasih infonya.

      Delete
    3. Sama-sama, senang bisa membantu ..

      Delete
    4. halo, mau tanya perpanjangannya yang 7 hari sebelumnya itu lewat kantor mana? terima kasih.

      Delete
    5. Maksudnya perpanjangan itu perpanjangan apa ya Sherly?

      Delete
  7. Halo EHS, mau tanya boleh ya :) Tanggal expired visa exempt ini gak harus sama dengan tiket keluar Taiwan kan ya? Jadi misalnya saya apply bulan November untuk keberangkatan bulan Desember dan pulang bulan Januari, itu gak masalah? Yang penting keberangkatan gak lewat dari expiry date? Makasih banyak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Jadi yang kamu dapat pada saat pengisian di web ini adalah surat keterangan saja. Surat keterangan Visa ini apply, bakal langsung jadi saat itu juga (kalo ada kesalahan, bisa apply lagi langsung juga). Terus kamu harus berangkat sebelum Authorization Expiry Date. Visa diberikan berupa stamp di paspor, 30 hari dari hari kedatangan (seperti kalau kamu dapat stamp di Singapore). Selamat Jalan-Jalan.

      Delete
    2. halo ehs, mau nanya nih kalo untuk sekolah di taiwan izin tinggalnya berlaku berapa hari ya?thanks

      Delete
    3. Kalau sekolah ya apply visa student. Kalo masa berlakunya biasanya lama kalau visa pelajar. Mungkin setahun. Tanya saja ke kedutaan Taiwan. EHS ga pernah apply visa pelajar sih, jadinya tidak tau.

      Delete
  8. Halo EHS, sya mau tanya. Kalo visa taiwan (30days no extension) bisa diperpanjang lagi ga ditaiwan berhubung karena urusan ditaiwan belum kelar jadi ga perlu bolak balik indo-taiwan. Kan repot. Hehe . Mohon infonya ya. Trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dilihat dari "30 days no extension" ya rasanya bakal sulit untuk diperpanjang. Ini kondisi sudah di Taiwan atau belum? Kalau sudah di Taiwan silahkan menghubungi kantor imgrasi sana saja, soalnya temanku bisa perpanjang visa disana. Tapi masalahnya temanku itu VISA PELAJAR. Kalau untuk visa turis rasanya bakal sulit. Tapi tidak ada salahnya mencoba.

      *sudah berasa jadi ambasadornya kedutaan Taiwan. Semoga Taiwan mau menggaji saya hahaha .. I ♥ Taiwan*

      Delete
  9. Berangkat bln juni tp dah print srt keterangan skr bisa yaa bermodalkan visa usa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting perhatikan tanggal berangkat kamu dan authorization expire date di suratnya. Selama tanggal berangkatmu belum kadaluarsa, surat tersebut bisa dipakai. Biasanya kadaluarsanya itu sebulan dari tanggal pembuatan suratnya.

      Delete
  10. hallo EHS sy mau nanya klo sya dlu penah jd tki ilegal d taiwan bisa ga k taiwan pke visa turis
    klo ke korsel kira2 brapa yg hrus ada d tabunganya untuk persyaratan mohon jwabanya ya mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Korsel biasanya dihitung dari jumlah pengeluranmu sehari disana dikali berapa hari kamu akan tinggal. Tetapi biasanya travel akan meminta minimal 40 juta di tabungan kalau kamu buat lewat tour travel.

      Delete
  11. hallo EHS mau nanya klo sy dlu pernah jd tki ilegal d taiwan bisa ga k taiwan lg pke visa turis dan skrg sya ada d hongkong mohon jwabanya mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau urusan melebihi jadwal yang diberikan (ilegal), EHS tidak seberapa tahu. Karena biasanya ada sistem blacklist. Kalau paspormu melebihi batas, terkena blacklist. Tapi ketentuannya bagaimana EHS tidak tau. Misal kaya di Ausie, ada beberapa orang bilang kalau ilegal bakal terkena 5 tahun ga bisa masuk sana. Tapi EHS tidak tau sistem yang sebenarnya. EHA hanya diberi tahu sama orang yang pernah kerja di sana. Mungkin Taiwan juga bakal ada sistem seperti itu.

      Delete
  12. Mau nanya, itu EHS pas masuk imigrasi Taiwan diminta tunjukin printan visa elektronik Australia ngga? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Kan sebagai bukti kalau visa australia nya masih berlaku apa ga. Kalau yang nempel di paspor sih enak, ga usa bawa kan sudah nempel hahaha ..

      Delete
    2. haloo EHS saya mau buat visa taiwan ko kayanya susah ya... ada yg bilang pake uang jaminan ada yg bilang tida... yg benar gimana dan mohon lebih detailnya.... trimakasih...

      Delete
    3. Zaky Jay, kalau langsung pergi ke kedutaan taiwan biasanya ga diminta uang jaminan. Cukup menyediakan uang yang kira-kira cukup digunakan waktu kita di Taiwan. Tapi kalau lewat travel agent, biasanya minta ada uang di tabungan sekitar 30-40 jt. Tapi selama ini EHS belum pernah dengar soal uang jaminan. Coba pergi ke travel agent yang lumayan ternama untuk lebih jelasnya. Soalnya kalau usia produktif (bekerja) biasanya memang agak dipersulit, karena kedutaan taiwan (maupun kedutaan negara lain) takut kita tidak kembali dan malah bekerja disana (secara ilegal).

      Delete
  13. Sob, saya pgn buat visa taiwan, blm pernah skalipun ksana, rencana cuma 3-7hari
    Saya dr bali mau ke jkt terlalu jauh, ada solusi gak gmn supaya tetep bisa urus ?
    Misal dokumen2 dikirim via pos ? Misal visa sudah jadi apa bisa dikirim ke rumah via pos juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pengurusan visa Tiawan sendiri via pos EHS tidak seberapa tau. Bisa cek langsung ke kedutaan

      Taipei Economic and Trade Office
      17th Floor Gedung Artha Graha
      JL Jenderal Sudirman Kav. 52-53
      Jakarta 12190
      Indonesia
      email: jkt@teto.or.id

      Bisa ditanyakan langsung disana bisa apply via pos atau tidak. Sebagai pertimbangan, bisa ditanyakan ke travel agent terdekat (usahakan yang namanya besar supaya tidak ditransfer ke travel agent lain lagi untuk pengurusannya). Soalnya waktu itu EHS sudah lumayan puas dengan selisih yang ga terlalu banyak apply lewat travel agent sama apply lewat sendiri (ke Jakarta).

      Delete
  14. Halo EHS, saya mau tanya dong. setelah visa exempt di print, perlu ke teto lagi gk untuk cap ato tanda tangan gitu dr pihak TETO nya? Atau tinggal bawa saja print-an nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu. Cukup bawa print beserta visa yang dipakai untuk pendaftaran. Untuk kasus EHS, visa australia sudah tidak ditempel di paspor. Jadi harus bawa print visa australia.

      Delete
  15. halo nanya dong..
    kalau pakai visa waiver jepang yang kita dapat kalau kita pakai e-paspor apakah kita bisa pakai visa exempt taiwan itu??
    karena saat buat visa exempt itu kan ada kolom visa yang masih berlaku antara amrik, jepang dsb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau hal itu lebih baik dikonfirmasi langsung ke Kedutaan Taiwan saja. Soalnya, nomor registrasi di Visa Waiver terlalu simple. Ga seperti pada visa biasanya. Maaf ya Devy.

      Taipei Economic and Trade Office
      17th Floor Gedung Artha Graha
      JL Jenderal Sudirman Kav. 52-53
      Jakarta 12190
      Indonesia
      email: jkt@teto.or.id
      +62 21 5151111

      Delete
  16. Halo EHS terima kasih atas info nya, kebetulan saya mau ke taiwan akhir desember ini dan saya punya visa waiver japan, tadinya mau coba dengan visa waiver itu tp setelah saya telf ke kedubes taiwan mereka bilang hanya visa jepang yang resmi (alias visa yang di tempel, bukan waiver) yang bisa bebas visa.
    Jadi disini saya mau info, kalau visa waiver japan yang di dapat dari e-passport itu tidak bisa di gunakan untuk free visa taiwan.
    Untuk visa japan hanya berlaku yang visa tempel bukan waiver.
    Jadi untuk pergi ke taiwan harus tetap membuat visa seperti biasa.
    Karena pengalaman dari teman saya, ada yang coba pakai visa waiver japan dan di tolak di imigrasi soekarno hatta.
    So, untuk aman nya lebih baik pakai visa biasa aja dari pada mubazir tiket pesawatnya.

    Semoga info nya membantu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah thank you ISMMY. Infonya sangat membantu.

      Delete
  17. HI EHS.
    mau tanya pas masuk ke imigrasi taiwan kita harus tunjukin 2 visa berarti yah? visa australia dan visa exempt taiwan itu. ? dua dua nya dalam bentuk print an kertas berarti 2 lembar kertas gitu kita tunjukin orang imigrasinya kah? kalau dulu , EHs bagaimana prosedurnya, ga di persulit kayak di tanya2 lagi kan? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Harus tunjukin 2 2 nya. Mereka ga persulit kok. Biasanya yang kebingungan bener apa ga tentang visa exempt ini justru pada waktu check in pesawatnya, bener ga dia ga tau. Kalau EHS dulu di Indonesianya lolos tanpa ada masalah, tapi di Kuala Lumpurnya yang harus nunggu 10 menitan karena mereka ga yakin visa ini bener apa ga. Setelah itu tetep lolos kok.

      Delete
  18. hi EHS..
    mau tanya,
    1.saya sekeluarga berencana ke taiwan (3 org) apa itu harus punya visa sendiri sendiri?
    2. mengenai persayaratan untuk fc rekening 3 bulan, saldo minimal di rekening brp ya? mengingat saldo nya selalu minim...
    3. apakah sulit untuk bisa mendapatkan visa taiwan?kemungkinan untuk ditolak brp persen ya?

    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey dokey, saya akan mencoba jawab.
      1. Jelas dong. La wong anak kecil aja wajib pake paspor.
      2. Tergantung kamu apply langsung atau lewat jasa agen travel. Kalau langsung biasanya dia melihat berapa hari, dan kegiatannya seberapa. Anggap saja pergi 5 hari, per harinya bakal habis 1 juta jadi tinggal dikalikan, jadi seorang perlu uang 5 juta ditambah pesawat (misal 3 jt pp). 8 jt x 3 orang, jadi tabungan minimal 24 juta. Ingat !! Itu minimal ya.
      3. Kelihatannya Indonesia sama Taiwan hubungan bilateralnya baik, makanya sampai ada Visa Exempt segala. Jadi harusnya kemungkinan berhasilnya besar, SELAMA syarat-syarat terpenuhi dengan baik. Kalau persen, EHS ga tau. bukan peramal hehehe .. Berdoa saja yang kenceng dan semua serahkan kepada Tuhan, biasanya lolos kok.

      Senang bisa membantu :)

      Delete
  19. kak mau nanya, atasan saya mau ke taiwan lalu apa bener bisa saya pakai visa jepang yan g waiver dengan sertifikat ROC itu? saya ke taiwan dari singapore menggunakan scoot apa bisa hanya itu aja pas diimigran?
    soalnya saya telfon ke dutaan taiwan yang di jakarta hanya itu aja namun dia bilang untuk konfirmasi ke maskapai apa bisa hanya menggunakan itu,sedangkan saya telfon ke maskapai tiger air itu kalau maskapai tidak ada dokumen2 seperti itu hanya perlu tiket aja jadi kaya lembar lembaran ka
    ini saya kan ngurusin punya atasan saya , jd tanggung jawab saya besar sekali
    mohon bantuan ya kak
    kak tolong bantuannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya visa waiver jepang ga bisa digunakan untuk visa exempt. Visa jepang yang biasa yang bisa dipakai untuk exempt.

      Maskapai memang tidak berhubungan dengan masalah visa dll. Dia hanya mengecek tiket.

      Kalau menurut saya, mending buat visa saja. Ga mau juga kan jika sampai atasan mau pergi akhirnya batal gara2 kesalahan visa.

      Delete
  20. kak mau nanya, atasan saya mau ke taiwan lalu apa bener bisa saya pakai visa jepang yan g waiver dengan sertifikat ROC itu? saya ke taiwan dari singapore menggunakan scoot apa bisa hanya itu aja pas diimigran?
    soalnya saya telfon ke dutaan taiwan yang di jakarta hanya itu aja namun dia bilang untuk konfirmasi ke maskapai apa bisa hanya menggunakan itu,sedangkan saya telfon ke maskapai tiger air itu kalau maskapai tidak ada dokumen2 seperti itu hanya perlu tiket aja jadi kaya lembar lembaran ka
    ini saya kan ngurusin punya atasan saya , jd tanggung jawab saya besar sekali
    mohon bantuan ya kak
    kak tolong bantuannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perasaan sudah dijawab diatas. Tapi gpp akan kuulangi. Visa waiver jepang tidak bisa dipakai untuk membuat visa exempt. Visa exempt taiwan hanya bisa pakai visa asli jepang (yang bayar).

      Delete
  21. Mas kalau namanya hanya 1 suku kata saja ( ANTON). kami memasukan namanya ANTON ANTON . atau sesuai visa autralianya -ANTON . hanya ditulis sekali saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya Anton Anton setauku. Banyak dibahas di forum traveling ini. Soalnya kadang2 web mengharuskan diisi semua. Kalau tidak, kadang tidak bisa melanjutkan aksi berikutnya.

      Delete