Wednesday, July 9, 2014

Korea 2014: Shopping Time (Myeongdong + Dongdaemun + Gangnam + Hongik)

Untuk lihat itinerary klik >>>>>ITINERARY<<<<<

Shopping, merupakan satu kata yang banyak disukai orang. Baik orang berduit, maupun orang yang tidak berduit. Bedanya kalau berduit keluar-keluar dapat sesuatu. Kalau tidak berduit keluar-keluar dapat capek saja, dan ini disebut juga window shopping.

Salah satu hal yang wajib dikunjungi di Korea adalah Shopping Area. Korea merupakan negara yang sangat suka belanja. Maka dari itu, nyaris di semua kota besar memiliki area belanja masing-masing. Uniknya, mereka menyeragamkan namanya menjadi Rodeo Street, menirukan USA. Tetapi kalau di Seoul, ada banyak sekali tempat belanja. Dan EHS akan membawa pasukan EHS untuk belanja. Dan kehebohan pasukan EHS ini dimulai dari sebelum berangkat ke Korea. Mereka sudah berandai-andai bakalan memborong kosmetik dan baju. Dan karena kalau sibuk belanja, biasanya fotonya jadi berkurang (kelihatannya EHS gagal jadi Blogger kalau lagi belanja hehehe). Maka itu, kegiatan shopping yang harusnya 2 hari, EHS bakal merangkum menjadi satu.


Kamis, 15 Mei 2014. Seoul.

EHS hari ini bangun sangat pagi. Jam 07.00 EHS sudah siap dengan segala persiapan, dan EHS mulai membangunkan pasukan. Sewaktu mereka bersiap-siap, EHS melarikan diri sejenak menuju ke suatu tempat yang merupakan keinginan EHS sedari awal.


YG Entertainment

EHS akan membuat postingan sendiri untuk ini. Dikarenakan EHS ingin membantu para VIPs maupun BlackJacks yang ingin mengunjungi idolanya hahaha .. (VIP adalah nama fans dari BIGBANG, kalau BlackJack adalah fans 2ne1). Link disini Korea 2014: YG Entertainment


Myeongdong




Setelah dari YG, EHS kembali ke penginapan untuk menjemput pasukan. Tetapi yang menjengkelkan adalah, MEREKA BELUM SIAP Aaaaarrrrggghhh .. Padahal EHS sudah berjalan pelan-pelan, istirahat dulu, berhenti di cafe untuk beli Ice Americano (es kopi). Ya, tapi EHS paham kok, yang namanya traveling itu kan banyak foto, apalagi hari ini ada jadwal foto memakai Hanbok. Jadi mereka memakai make up lebih tebal (mungkin sekitar 1 cm) sampai EHS mengira mereka Geisha (hahaha cuma bercanda kok). Setelah semua siap, kita meluncur ke Myeongdong. Oh iya, bagi yang penasaran bagaimana cara kesananya, bisa dilihat di itinerary (Klik link dipaling awal blog ini).

Akhirnya setelah beberapa waktu, sampai juga kita di Myeongdong Station. Dan baru saja keluar dari mesin tap kartu Subway, kita sudah disambut dengan pertokoan di subway station-nya. Dan apa yang terjadi? Pasukan EHS lengket kayak perangko disini. Hampir 1 jam hanya di area ini hahaha .. Bayangkan nasib pejantan-pejantan tangguh yang ikut trip ini. Emang susah deh kalau mengikuti wanita bijak ini hahaha .. Bawaannya lengket terus. Akhirnya, untuk mengisi waktu luang, EHS 'jajan' sebentar untuk menunaikan hasrat yang terpendam (baca: LAPAR). Untungnya ada kios camilan disekitar ini. Bayangkan saja, 1 jam itu hanya pergi ke 2 toko saja hahaha .. Dan itupun bersebelahan.






Oh iya, jajan yang satu ini agak unik. Jajan ini seperti roti yang keras dilapisi coklat dan rasa-rasa dan dibentuk menjadi bola yang lumayan keras. Jajan ini bisa digunakan untuk melampiaskan stress atau amarah. Karena sebelum memakannya, kita diharuskan untuk memecahkannya dengan palu. Jadi hanya orang stress saja yang mau makan ini (termasuk para pejantan tangguh yang bosan menunggu belanja).


Setelah itu kita keluar dan inginnya makan dulu karena sudah tengah hari (bayangin, untuk menuju Myeongdong yang biasanya cuma 15 menit sampai, akhirnya kita memerlukan waktu dari pagi sampai siang). Dan tujuan pertama kita adalah Jeonju Jungang Bimbimbap. Restaurant kecil ini agak tersembunyi, sampai EHS bingung mencari-cari dan tidak yakin karena ketemu restaurant yang kelihatannya cuma di gang sempit. Tapi herannya restaurant ini terkenak. Ya jelas saja, karena restaurant ini merupakan cabang dari restaurant yang sama di Jeonju. Jadi, kalau ingin merasakan Jeonju Bimbimbap yang orisinil ya disini tempatnya.




Ada kejadian tidak mengenakan selama kita bertarung mencari makanan selama di Korea. Setiap kali memesan makanan di Korea, kita bakal dicemberuti sama pelayannya. Tetapi selama ini masih lancar. Waktu di resto ini juga sama. Ternyata, kebiasaan makan mereka yang banyak menyebabkan mereka mempunyai prinsip 1 orang 1 porsi. Dan selama ini kita ber-12 pesan makannya kadang 7 sampai 8 porsi. Itupun kadang masih sisa. Makanya kita selalu dicemberuti selama ini. Herannya cewek-cewek Korea yang badannya kurus kering itu kalau makan ya 1 porsi. EHS juga heran, buangnya bagaimana kok bisa tetap langsing.

Setelah makan, kita mau dessert ice cream di 32 cm Ice Cream. Tetapi, dalam perjalanan kesana, kita dihambat oleh tenaga dalam yang luar biasa, sampai maju 1 langkah lagi saja kesulitan. Tenaga dalam itu kita namakan dengan KOSMETIK hahaha .. Jadi dalam perjalanan menuju 32cm itu, ada kios-kios kosmetik beraneka merk. Dan tau ga berapa lama kita berhenti disini?? Jawabanya lama. EHS sendiri tidak tau apa yang dibeli mereka, pokoknya tau-tau dari toko A keluar membawa tas, toko B juga bawa tas, dst toko C, D, E, F, G, Hahahaha .. yang kebetulan bersebelahan. Jadi bagaimana nasib pejantan tangguh??? Yah, kami sudah tidak tangguh lagi, loyo, tidak bisa berdiri tegak dan yang lebih parah lagi kita melempem kaya krupuk hahaha .. Iseng-iseng EHS melihat ada SALE di Uniqlo, EHS masuk, dan EHS senang. Karena banyak sale seharga KRW 5,000 atau IDR 55,000. Bayangin, uniqlo bukan termasuk merk murahan lo, tapi hari itu kita borong sampai EHS dapat hadiah, bukan hanya 1, tetapi 2 sekaligus hahaha .. Setelah di uniqlo kurang leih 3 jam, EHS keluar. EHS takut kalau ibu-ibu sudah selesai dan kebingungan mencari kami. Tetapi jawabannya adalah, mereka masih belum keluar dari toko-toko kosmetik itu hahaha ..



Ada satu lagi tips traveling seru ke Korea. Kalau ke Myeongdong, sempatkan pergi ke M Plaza. Di sana terdapat Korean Tourism Center di lantai 5. Dan di sana kita dapat bertanya, wifi, penyimpanan loker, dan yang paling penting kita dapat mencoba hanbok secara gratis. Tapi sebaiknya kita ke sana dahulu, memesan jam, baru kita tinggal untuk berkeliling Myeongdong. Setelah tiba jam kita, kita harus hadir 15 menit sebelumnya. Jadi bagi penikmat narsis, langsung coba saja, GRATIS.






Sebetulnya, jadwal kita setelah Myeongdong adalah naik cable car ke Namsan Tower atau terkenal dengan nama NSeoul Tower. Tempat yang sangat romantis, tempat berkencannya para anak muda. Tetapi karena belanjanya kelamaan, dan takut belanja bajunya kurang waktunya, maka kita memutuskan langsung ke Dongdaemun.



Akhirnya hari itu, Myeongdong hanya diselesaikan hanya ke toko kosmetik. Memang Korea terkenal dengan kosmetik murah tetapi kualitas bagus. Untuk referensi kosmetik, ada Etude, The Face Shop, Nature Republic, Skin Food, Skin79, Inniesfree, The Saem, Misha, Tony Moly dan masih banyak lagi.


Dongdaemum

Dongdaemun adalah suatu area dimana terdiri dari beberapa pusat perbelanjaan, baik itu berupa mall, sampai pasar. Ada sekitar 33 tempat belanja, jadi bisa memakan waktu sebulan kalau ingin mendatangi satu per satu. Tetapi yang paling terkenal adalah Doota (high price), Migliore (mid), Hello APM (low). Yang tidak boleh dilewati, di Doota di lantai 5 ada toko suvenir yang lumayan terjangkau. Dan ada orang Indonesia yang part time disana. Jadi kita dapat berbicara bahasa Indonesia, yang kadang sangat dirindukan oleh solo traveler.

Hebantnya Korea itu, di daerah ini, mereka menghargai produk dalam negeri. Jadi banyak toko itu yang berupa butik yang merupakan buatan mereka sendiri. Sangat menghargai hasil karya mereka, sehingga mereka juga terpacu untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menciptakan mode yang bagus. Makanya Korea juga dinobatkan sebagai kiblat fashion di Asia, selain Jepang.

Yang hebatnya lagi, mereka buka mulai dari jam 10.00 - 04.00. Jadi jam 10 pagi sampai jam 4 pagi, tutup beberapa jam lalu buka lagi. Dan harap diperhatikan waktunya juga, karena Subway berakhir kira-kira tengah malam. Dan setelah itu, kita hanya dapat mengandalkan bus yang rutenya tidak diketahui oleh para traveler, dan taxi yang seringnya mematok harga yang tinggi, terutama apabila mereka tau kamu orang asing. Jadi sebetulnya EHS merencanakan sebelum subway tutup, kita pulang. Tetapi waktunya tidak cukup, jadi mereka masih menambah 2 jam lagi. Akhirnya kita naik taxi (karena kita tidak tau jalur bus). Bayangkan saja, untuk perjalanan yang hanya 15 menit saja, mereka minta KRW 40,000 atau IDR 450,000. Sangat tidak manusiawi. Tetapi mau bagaimana lagi, akhirnya kita tempuh juga bahkan memakai 3 taxi. Salah kita sendiri yang belanja sampai jam 2 pagi.

Tidak banyak yang diceritakan disini, karena semua sudah lemah letih lesu (yang lakinya saja, yang cewek masih bugar memilih baju). Lapar? Jangan kuatir, banyak kios jajan didepan, ada food court juga di Doota.


Jumat, 16 Mei 2014. Seoul.

Gangnam

Jadwal hari ini kita ke Gangnam. Gangnam ini merupakan suatu area yang terkenal. Gangnam dibagi menjadi dua, Garosu-gil dan Apgujeong Rodeo Street. Garosu-gil ini merupakan area yang banyak disukai anak muda. Banyak cafe keren, resto terkenal, butik cantik di daerah ini. Apgujeong merupakan jalanan panjang, yang terdiri dari butik-butik kelaas atas, seperti LV, Aigner, dan kawan-kawannya. Di gang-gang disekitar jalan besarnya pun banyak butik aksesoris yang sering didatangi artis maupun idol group. Jadi bisa dibilang tempat belanja high class, dengan banyaknya cafe dan resto juga. Di tempat ini juga banyak club, bar yang paling hit di Seoul. Banyak artis yang bersenang-senang disini. Tapi biasanya mereka memilih di room bersama teman-teman mereka.




Jadi kesimpulannya, Gangnam adalah tempat mahal, tidak cocok untuk belanja bagi yang berkantong pas-pasan. Jadi setelah keliling Garosu-gil, para wanita bijak dengan bijaksananya memutuskan tidak mau belanja hahaha .. Tetapi akhirnya terdampar di mall dekat situ sampai sore untuk beli kosmetik premium yang harganya berkali-kali lipat dari kosmetik jalanan.

Ada satu hal yang unik dari Gangnam Area ini. Di sini banyak terdapat klinik yang terdiri dari beberapa lantai untuk operasi plastik. Dan lucunya, mereka mempunyai spesialisasi masing-masing. Jadi ada klinik yang spesialis di operasi mata, ada yang pemotongan rahang, ada yang membentuk bibir, dan lain-lain. Dan iklan-iklan di subway station pun banyak tentang hal ini.




Apa maksudnya? Ooo, disini bisa operasi bentuk ikan
menjadi bentuk kucing hahaha #abaikan

Hongik

Setelah itu, kami kembali ke Hongik untuk mencoba Korean Grill. Korea terkenal dengan menyajikan daging yang premium, makanya kita tidak perlu kuatir untuk makan dimana. Karena hampir semua resto bbq ini sama-sama enaknya.









Nama adikku ada di neon box belakang
Setelah itu EHS ingin menyambangi Hello Kitty Cafe untuk beristirahat sejenak. Sebetulnya EHS ingin membuat postingan terpisah juga untuk ini. Tetapi karena kelamaan belanja dan makan, maka EHS hanya bisa mengantarkan pasukan ke sini. Dan setelah foto-foto interiornya, EHS langsung cabut tanpa sempat makan minum apapun. Padahal menurut banyak orang, tiramisunya sangat enak.










Setelak kita berpisah, pasukan masih melanjutkan belanja di Hongik, sedangkan EHS pulang untuk mandi. Karena EHS bakal janjian ketemu dengan teman Korea EHS yang lainnya.

Meihwa ... (lupa). Ini minuman perempuan karena rasanya manis.
Padahal kadar alkoholnya 11.3%

Bossam. Dagingnya pake samgyupsal (sancam), cuma ini di steam.



Beer asal Jepang. Di Japan Bar.



Akhirnya ketemu juga dengan sahabat EHS ini. Memang aneh, EHS dengan teman-teman Korea EHS ini hanya ketemu 2 tahun lalu. Dan hanya pertemuan yang sangat singkat. Tetapi rasanya hubungan kita sangat dalam. Rencananya kita mau reuni dengan semua. Tetapi mereka berhalangan hadir karena di luar kota. Ya gapapa lah #rapopo. Tetap seru kok walau kita ngedate cowok sama cowok, pedang-pedangan hahaha .. Pertama kali EHS diajak untuk makan Bossam. Bossam ini juga samgyupsal (sancam) tetapi yang biasa EHS makan itu dipanggang, kalau ini disteam. Rasanya lain, ini lebih bersih, tetapi rasanya enak yang di panggang. Minum, berbagi cerita, masalah, rahasia sampai jam 3 pagi. Dan berakhir dengan perpisahan yang menyedihkan. EHS sangat sedih untuk berpisah dengan teman-teman disini. Yang kemaren dengan Jeongin, sekarang dengan Minseok. Karena EHS tidak yakin kapan bisa bertemu lagi, apa kita ada waktu, apa bakal masih berhubungan, bahkan apa kita bakal masih ingat?? Semuanya itu membuat setiap perpisahan sedih. Tetapi EHS tetap optimis kalau apapun yang terjadi, kita bakal baik-baik saja. Dan suatu saat pasti akan bertemu lagi. Thanks Minseok Kang.



< Prev                                                                                                                                             Next >

11 comments:

  1. Astagaaa do...seruu bingit shoppingnya..itu makanannya juga keliatan enak2 yaaa...huhuhu kepengenn ke korea jugaa ah...kenalin sama temenmu dong biar bisa jadi guide...hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya mamie sealiran sama keluargaku, suka shopping hahaha ..

      BTW temanku bukan guide lo, dan dia juga ga nganterin aku. Cuma ketemu setelah dia pulang kerja. Jadi dia ga bisa jadi guide.

      Delete
  2. wahh seruu bingitttt shoppingnya do....jadi kepengen ke koreaaaa! kenalin dong ke temenmu itu...biar bisa jadi guide...hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Korea, dijamin pulang bawa belanjaan. Minimal kosmetik yang sudah banyak outletnya di Indonesia. Dan harganya pun sangat murah. Harga normalnya saja hampir sama dengan harga diskon disini. Dan disana juga sering ada diskon. Jadi bisa dibayangkan betapa murahnya.

      Delete
  3. di korea ada jual makeup brand lain selain punya korea? gimana perbandingan harga dgn di indo atau sgp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. Maap kan saya. Saya ga seberapa tau tentang make up. Soalnya mama belanjanya hanya make up merk korea, jadinya saya taunya juga itu. Tapi rasanya pasti ada lah, soalnya orang korea suka dandan. Tapi untuk pertanyaan lainnya saya ga bisa jawab hahaha .. Maapkan saya.

      Delete
  4. Kak kemaren beli kosmetik di korea ada yang berbentuk cairan? Itu gimana pas mau ke indo? Disita kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cairan kan bisa masuk ke bagasi check in. Jadi memang harus beli bagasi. Ga ada masalah ketika di Indo. Mereka juga tau kalo itu kosmetik kok. Asal jangan dibawa di tas kabin, pasti disita lah.

      Delete
  5. Sis, nanya dong. Toko2 di myeongdong buka dari jamber ya? Sebelum jam 7 pagi udah buka belum ya? Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf disini bukan sis tapi masbro hahaha .. Ga tau juga bukanya dari jam berapa. Mungkin 10/11 pagi ya. Normal buka kan jam segitu.

      Delete
  6. You're welcome Dear Siti. I am a 'bro' by the way hahaha ..

    ReplyDelete