Tuesday, December 3, 2013

Malaysia Vietnam 2013: Miscellaneous

Untuk lihat itinerary klik >>>>>ITINERARY<<<<<

Halo Sahabat EHSNOUTA, ini adalah postingan terakhir dari perjalanan EHS ke Malaysia dan Vietnam kali ini. Semoga bisa menginspirasi teman-teman untuk lebih menabung dan mempergunakan untuk traveling agar kita dapat melihat dunia luar. Apa yang didapat dari traveling?? Tentunya adalah pengalaman dan kemandirian yang pasti bakal bertambah. Selamat berpergian.


Hotel

Semua hotel dan hostel EHS melakukan pemesanan melalui Agoda. Selama di Malaysia, EHS menginap di Paradiso Bed & Breakfast di kawasan Bukit Bintang. Tetapi EHS tidak akan membahas tentang Malaysia.

Saigon Europe Hotel






Saigon Europe Hotel merupakan hotel chain yang memiliki hotel lumayan banyak di HCMC. Dengan harga yang lumayan murah dapat memiliki kamar pribadi yang sangat bersih. Saigon Europe Hotel ini terletak di jalan De Tham yang merupakan kawasan populer bagi turis. Pelayanannya begitu bagus. Dan hotel staff-nya sangat peduli dengan customernya. Bahkan mereka memperingatkan kalau di jalanan itu kita harus berhati-hati dengan barang bawaan kita. Dan EHS benar-benar mengalaminya. Untung staff hotel sudah memperingatkan.

Vinh Hostel




Vinh Hostel juga terletak di De Tham street. Harganya sangat murah tetapi ya sebanding dengan fasilitas yang didapat. Kamarnya terkesan agak kuno. Tetapi masih bisa ditempati.


Budget






Jumlah total tanpa belanja IDR. 2.742.000,-. Kenapa EHS tidak memasukkan belanja, karena belanja adalah optional. Sangat bergantung dengan seberapa banyak Sahabat EHS ingin membelikan oleh-oleh. Dan angka-angka itu sebetulnya bisa ditekan. Semisal EHS tidak menginap di Saigon Europe Hotel dan hanya menginap di Vinh Hostel, maka EHS hanya akan menghabiskan sebesar IDR. 2.302.000,-.

Lha terus mengapa kok EHS menginap di hotel?? Kan sudah EHS bilang kalau trip kali ini merupakan hadiah untuk EHS. Jadi boleh dong sekali-kali menginap di hotel yang nyaman.


Yang Wajib Dibeli


1. Banh Pia.
Banh Pia adalah pia biasa seperti di Indonesia. Tetapi bentuknya besar mirip dengan Tong Jiu Pia atau Kue Bulan. Rasanya, enak sekali karena isinya adalah durian. Dan durannya benar-benar terasa seperti buah durian asli yang dimasak. Selain itu selai durian tersebut dicampur dengan kacang hijau. Pokoknya rasanya sangat enak. Jadi kangen dengan Banh Pia. Tetapi anehnya warga HCMC sendiri tidak ketagihan seperti EHS. Kata teman EHS Banh Pia terlalu manis buat lidah warga HCMC.

2 dan 3. Kopi Vietnam
Kopi yang paling terkenal di Vietnam itu adalah Highlands Coffee dan Trung Nguyen Coffee. Mereka bahkan memiliki cafe-cafe seperti starbucks yang tersebar di seluruh Vietnam. Kopi di Vietnam dibagi menurut beberapa level. Mulai dari 1 - 5 dari yang biasa sampai yang terkuat. Tetapi uniknya, kopi di Vietnam ini kebanyakan asli, jarang yang instant. Jadi selalu menggunakan alat untuk menyeduh kopi. Karena kalau tidak memakai alat tersebut, bakal bisa sakit perut. Mungkin kalau di Indonesia harus ditunggu dulu agar 'letek'-nya turun ke bawah dahulu.

4. Alat Penyeduh Kopi
Kalau membeli kopi di Vietnam, harus juga membeli alat penyeduhnya. Karena sangat unik dan harganya pun murah. Caranya adalah, ambil beberapa sendok kopi dan ditaruh di penyeduh kopi. Lalu tempatkan penyeduh kopi di atas cangkir. Setelah itu baru siram dengan air mendidih. Dan tunggu sampai air dan kopi menetes ke dalam cangkir. Setelah itu kopi siap untuk diminum. Bisa ditambah gula ataupun ditambah susu kental manis dan es untuk membuat ice coffee.


Yang Perlu Diwaspadai
  1. Sewaktu tiba di airport, dan kita akan mencari taxi. Pilih taxi Vinasun atau Mai Linh. Jangan terkecoh dengan bapak-bapak yang menawarkan taxi dengan memperlihatkan kartu anggota Vinasun ataupun Mai Linh. Itu adalah tipuan, karena mereka meminta VND 400000 padahal kalau taxi resmi hanya VND 170000. Setelah keluar langsung belok kiri. Karena di sana ada orang dengan seragam resmi Vinasun ataupun Mai Linh yang akan mencarikan taxi mereka buat anda.
  2. Hati-hati dengan barang bawaan anda, termasuk tas tangan anda. Jangan pernah menaruh tas di samping. Selalu pangku tas anda. Atau jika menaiki kendaraan umum yang terbuka, selalu taruh tas anda di pangkuan dan pegangi tas anda.
  3. Jangan mengeluarkan Handphone atau dompet anda di pinggir jalan. Selalu masuk ke toko atau ke tempat lain jika mau mengeluarkannya.
  4. Jangan pernah menaruh Hadphone atau dompet di saku celana (kebanyakan cowok). Karena banyak tangan-tangan jahil yang berusaha mencarinya. Selalu gunakan tas dan jangan pernah lepaskan tas anda. Untuk cerita tentang ini, akan EHS ceritakan sendiri.



< Prev

4 comments:

  1. itu hotelnya murahh amat koo.. keliatan lumayan juga, yg europe malah oke u/ harga 300rb/night.

    tipsnya berguna banget tuh ko.. gilaa ko ketipu taxi ya, udah nyesek duluan kali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, aku sempat tertipu dan sudah naik taxinya. Tapi kok di taxinya ga ada namanya sama sekali. Pertama dia minta USD 40 (sekitar VND 800.000) tetapi aku bilang ga punya USD trus sama dia di kurs kan. Mungkin dia ga tau kursnya berapa jadi dia minta VND 400.000.

      Delete
  2. Yg wajib dibeli sepertinya enak2 yahhh.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mamie, Banh Pia sangat enak terutama bagi penyuka durian. Karena duriannya asli banget. Kalo kopi Vietnam kan emang sudah terkenal, jadi ya pasti enak juga. Dan EHS sehari2 (waktu di sana) minumnya selalu ice coffee. Jai kangen hahaha ..

      Delete