Tuesday, November 26, 2013

Vietnam 2013: Ho Chi Minh City Walking Tour

Untuk lihat itinerary klik >>>>>ITINERARY<<<<<

1. Ben Tanh Market      2. Rex Hotel      3. City Hall      4. Opera House      5. Saigon River      6. Patung Trang Hung Bao    7. Post Office      8. Notre Dame Cathedral      9. Reunification Palace      10. War Remnant Museum

Hi Sahabat EHSNOUTA, pada kesempatan kali ini EHS akan menjelajah Ho Chi Minh City (disingkat HCMC) dengan berjalan kaki. Tempat wisata di HCMC ini saling berdekatan, jadi dapat ditempuh dengan berjalan kaki. HCMC adalah kota yang unik, karena merupakan kota kedua (bukan ibu kota) tetapi adalah kota terbesar di seluruh Vietnam. Yang unik lagi adalah, biasanya orang akan memilih bersekolah di ibu kota, kalau di Vietnam terbalik. Pelajar di Vietnam akan memilih belajar di HCMC. Mengapa begitu? Karena pada jaman perang Vietnam, Hanoi dikuasai oleh Komunis sedangkan HCMC dikuasai penjajah Perancis. Jadi Hanoi tertutup untuk kebudayaan baru, sedang HCMC menerima kebudayaan luar sehingga sekarang walaupun HCMC bukan ibu kota tetapi lebih maju dari Hanoi. Jadi itu juga alasan kenapa banyak gedung-gedung bergaya Eropa di HCMC.

Untuk memulai walking tour kali ini, EHS akan mengambil patokan dari daerah hotel EHS di daerah De Tham Street. Bagi sahabat EHS yang mau ke Vietnam, EHS sangat menganjurkan menginap di daerah ini. Daerah ini mirip dengan Kute di Bali atau Khaosan Road di Bangkok. Semua turis berpusat di sini. Banyak hotel, hostel, cafe, bar, dan juga travel agent. Selain itu sangat dekat dengan pasar Ben Tanh jadi oleh-oleh pun mudah didapat.



Bitexco gedung tertinggi di HCMC

Untuk pertama kali, kita akan menuju pasar Ben Tanh (1). Di sini, kita dapat belanja baju, suvenir, aksesoris, sepatu, kopi bubuk, banh pia (pia durian), juga makanan dan minuman. Buka pagi hari sampai sore. Kalau malam tutup, tetapi jalan disekeliling Ben Tanh akan ditutup dan diubah menjadi pasar dadakan dan berbagai macam warung makan.





Setelah itu jalan terus menuju Rex Hotel (2). Hotel ini sudah tua tetapi terus direnovasi sehingga tetap sangat bagus. Selain itu di daerah ini dihuni banyak bertebaran merk-merk premium. Tetapi saya tidak menyarankan belanja merk premium di Vietnam. Biar nilai tukar lebih rendah, karena pajak yang tinggi harga tas merk terkenal jatuhnya lebih mahal dari Indonesia.



Setelah itu akan bertemu dengan City Hall (3) dan terdapat patung paman Ho Chi Minh dengan anak kecil. Jangan lupa untuk foto ditempat ini, karena tempat ini biasa dijadikan foto pariwisata HCMC.





Jalan lagi tidak jauh dari situ akan bertemu Saigon Opera House (4). Tempat ini sangat artistik dan banyak pasangan yang sedang foto prewedding di sini.



Setelah itu belok kanan dan jalan terus menuju Saigon River (5). Merupakan sungai yang cukup lebar sehingga banyak terdapat cruise kecil disini untuk mengarungi Saigon River beserta dinner sekalian.


Jalan menyusuri sungai kita akan sampai ke simpang 7 dengan Patung Trang Hung Bao (6) pahlawan Vietnam yang mirip dengan Jendral China. Sebetulnya EHS tidak memiliki tujuan ke sini. Tetapi EHS sering melewati tempat ini dan merasa patung ini mirip dengan patung Yi Shun Shin di Korea jadi EHS foto deh hahaha ..



Balik lagi ke jalan Dong Khoi melewati Opera House, kita akan sampai ke Saigon Post Office (7). Ini merupakan kantor pos pusat di HCMC. Sangat megah dan bangunannya merupakan peninggalan Perancis. Ditengah terdapat foto paman Ho Chi Minh yang sangat besar. EHS juga sempat mengirimkan kartu pos kepada sahabat-sahabat EHS disini.






Diseberang jalan ada Notre Dame Cathedral (8). Gereja katedral yang sudah cukup tua dengan bangunan peninggalan Perancis yang sangat indah yang dibangun dengan batu bata merah. Karena terdapat 2 bangunan indah, jangan heran banyak pasangan untuk foto pre wedding juga disini. Dan EHS diminta untuk foto bersama salah satu bridesmaid. Mungkin dia naksir sama EHS kali hahaha ..


Dari katedral belok kiri mengikuti jalan Le Duan atau melewati taman kota yang sejuk disebelahnya. Di taman ini banyak penjual berbagai minuman dan banyak tersedia kursi. Dan tidak lama lagi kita akan sampai ke Reunification Palace (9). Pemerintahan berada di area ini. Tetapi kita dapat masuk dengan membeli tiket.

Setelah itu belok kanan dan mengikuti jalan. Sampai perempatan kedua belok kiri di jalan Vo Van Thien. Jalan terus dan kita akan menemukan War Remnant Museum (10). Jangan melewatkan kunjungan kesini. Tiketnya juga tidak mahal. Dan kita akan mendapat informasi segala sesuatu tentang perang Vietnam. Sangat dianjurkan mengunjungi museum ini sebelum tour ke Cu Chi Tunnel.

Selesai sudah walking tour mengelilingi HCMC. Dan EHS berakhir di Ben Tanh Market lagi untuk makan. Untuk melakukan tour diatas memerlukan waktu sekitar 6 jam. Tetapi jangan lupa memakai topi. Karena HCMC sangat panas, walaupun banyak pepohonan rimbun. Selamat menikmati. Dan sebagai bonus, EHS akan berikan foto EHS bersama bridesmaid cantik.




< Prev                                                                                                                                             Next >

8 comments:

  1. ciehh..foto trakhirnya paling cetarrr dehh.. :p

    keliatan dari foto HCMC ini kek mendung2 adem gitu ko, masa iyah sih panass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mendung karena masih pagi dan mau hujan. Tetapi hujannya tidak jadi dan semakin siang jadi semkin panas hahaha ..

      Delete
  2. wow... asik yah jalan2...
    thx for sharing..
    kapan2 coba jalan2 di jakarta ah... ehehehh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik banget hahaha ..

      Ayo jalan2 .. Kamu libur sampe kapan Dodo??

      Delete
  3. Gerejanya bagusss tuh do. Lhaa itu bridesmaid nya galau...malah cari kesempatan foto sama cowo lain....ck ck ck..terpesona sama kamu kali do...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. Mungkin terpesona ma aku mamie hahaha ..
      Mungkin juga dia lagi nganggur, karena yang foto terus kan pengantinnya. Jadi bridesmaid nya cari hiburan hahaha ..

      Delete
  4. nice share,
    fotonya cakep semua...
    silahkan kunjungi balik untuk walking tour di sumatera barat

    ReplyDelete