Monday, November 18, 2013

Vietnam 2013: Cao Dai Temple + Cu Chi Tunnel

Untuk lihat itinerary klik >>>>>ITINERARY<<<<<


Hi Sahabat EHSNOUTA, menyambung postingan Vietnam kemarin, sekarang EHS akan membahas salah satu daya tarik utama pariwisata di Ho Chi Minh City yaitu Cu Chi Tunnel. EHS menggunakan jasa tour lokal yang sangat terpercaya yaitu The Sinh Tourist. Harganya sangat murah yaitu VND 90000 atau sekitar IDR 60.000,- dan meliputi tour ke Cao Dai Temple dan Cu Chi Tunnel, tetapi belum termasuk makan.









Pertama EHS akan membahas tentang Cao Dai Temple. Kuil ini dibangun pada tahun 1926. Kuil ini merupakan perpaduan dari berbagai agama, Budha, Konfusius, Tao, Katholik, Islam dan agama daerah di Vietnam. Dan setiap jam 12 siang, akan ada ibadah di kuil ini. Kalau kita datang sebelum ibadah dimulai, kita dapat berkeliling tempat ini. Setelah itu kita akan disuruh naik ke atas dan diperbolehkan melihat ritualnya.



Ritualnya merupakan doa yang terdengar seperti nyanyian. Dan kita dapat menemukan berbagai ritual dari berbagai agama di atas. Dan yang menjadi pusat ritul ini adalah mata yang terletak di bola besar yang menyerupai bentuk bumi.


Tidak sampai selesai ritualnya, guide kami akan menyuruh kita keluar dan melanjutkan perjalanan menuju ke Cu Chi Tunnel. Cu Chi Tunnel (baca Ku Chi) merupakan atraksi utama dari pariwisata di Ho Chi Minh City. Jangan dibayangkan merupakan tempat yang keren. Karena Cu Chi Tunnel merupakan terowongan bawah tanah sepanjang 200 km yang digunakan warga Vietnam untuk perlindungan diwaktu melawan Amerika. Dan herannya, Vietnam menang melawan Amerika. Jadi disini kita akan belajar sejarah tentang perang Vietnam.

Pertama kita akan disuguhkan film dokumentari tentang pertempuran itu. Sebetulnya cerita perlawanan ini sudah difilmkan dan terkenal. Siapa yang ga tau tentang film Rambo. Bedanya, difilm Rambo kita diceritakan betapa kejamnya rakyat Vietnam selama pertempuran. Dan disini kita akan melihat kebalikannya yaitu betapa kejamnya Amerika yang menyerang sehingga warga sipil pun terkena imbasnya.

bekas ledakan
salah satu pintu masuk
 

Setelah itu kita dibawa ke tempat-tempat yang menunjukkan jebakan yang digunakan Vietnam selama perang. Dan kita ditunjukkan berbagai macam ruangan yang dibuat menyerupai ruangan aslinya seperti ruang rumah untuk merawat orang sakit, ruang rapat, dapur, dll. Tetapi sayang fotonya sangat gelap jadi tidak bisa EHS tampilkan.

ruang rumah sakit
Mereka membuat terowongan dengan peralatan seadanya dan mereka membuang tanahnya di sungai agar tidak ketahuan. Terowongan dibuat sekecil mungkin jadi tentara Amerika tidak dapat masuk. Mereka juag tidak lupa membuat lubang udara sehingga tidak kehabisan oksigen di dalamnya. Tetapi tetap saja waktu EHS mencoba masuk tetap terasa sesak.

cara membangun terowongan
 



Warga Vietnam harus berada di bawah tanah kalau ingin tetap hidup. Karena terowongan ini sangat panjang yaitu sekitar 200 km dan mempunyai banyak pintu masuk yang tersembunyi, maka terkadang tentara Amerika pergi menyerang pintu yang lain. Pada waktu itu mereka bisa naik ke atas pada waktu malam untuk merasakan kebebasan sesaat.




Jadi intinya perang itu tidak enak. Damai itu menyenangkan. Marilah kita menjaga kedamaian dengan cara saling menghormati orang lain dan menebarkan kasih diantara sesama. Karena kita diciptakan sederajat dimata Tuhan. I Love You.



< Prev                                                                                                                                             Next >

6 comments:

  1. itu pintu masuknya kecil bgt yahh EHS?
    kalo orangny gendut masuk gak? hahahha
    aku bacanya juga jadi sesak, berasa di lubang bawah tanah itu ;p hahhhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Da kebetulan orang Vietnam itu kecil2. Jadi hanya mereka yang bisa masuk. Tetapi misal ada musuh yang bisa masuk pun di dalam banyak disediakan jebakan, selain itu juga disediakan ular berbisa, kalajengking, dll yang beracun. Jadi tetap saja mereka ga bisa berkutik kalaupun bisa masuk.

      Delete
  2. iyahh bener juga yah, lubangnya dibuat kecil biar orang amerika yang segede2 babon gak bisa masuk. templenya unik ya...itu kok pada pake topi putih seperti muslim ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mamie, mereka kan perpaduan berbagai agama. Jadi ada unsur2 yang kelihatan sedikit-sedikit.

      Delete
  3. Salut sama Vietnam waktu itu....

    Kuil perpaduan banyak agama itu gw ga kebayang gimana ibadah nya... itu mereka ibadah rame2, ato masing2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendirinya itu ada 3 orang. Orang Perancis, China, sama Vietnam. Jadi semua unsur disatukan. Niatnya agar terjadi kerukunan diantara mereka.

      Ibadahnya jadi satu. Setiap hari saat siang hari. Yang menjadi pokok penyembahannya itu bola bergambar mata yang berada paling tinggi. Tapi EHS ga tau apa mereka benar menyembah itu atau hanya simbol saja.

      Tapi EHS membayangkan mata itu mirip sama mata yang di Lord of The Ring hahaha ..

      Delete