Tuesday, September 24, 2013

Australia 2013: Blue Mountain

Untuk lihat itinerary klik >>>>>ITINERARY<<<<<


Blue Mountain merupakan salah satu wisata andalan Australia. Kebanyakan tour ke Sydney akan menyertakan Blue Mountain ke dalam jadwal perjalanannya. Blue Mountain adalah daerah pegunungan yang meliputi beberapa kota. Kota-kota yang biasa dikunjungi adalah Katoomba dan Leura. Pasti kita bertanya-tanya, mengapa disebut Blue Mountain? Dinamakan Blue Mountain karena ada kabut yang berwarna biru yang menyelimuti Blue Mountain. Kabut biru itu berasal dari gas Terpenoid yang dikeluarkan oleh tanaman Eucalyptus yang banyak sekali tumbuh di daerah ini. Eucalyptus ini bisa digunakan sebagai minyak kayu putih yang dari eucalyptus dan sebagai makanan utama dari salah satu icon Australia yaitu Koala. Tetapi saat disini saya tidak berjumpa dengan koala satupun.

Cara menuju ke Blue Mountain adalah naik Train jurusan ke Katoomba. Kita dapat berkeliling Katoomba dan Leura dengan menggunakan bus lokal. Tetapi kita harus membeli karcisnya dulu untuk seharian. Ada 2 tour yang menawarkan bus hop on hop off di Katoomba, Blue Mountain Explorer Bus (www.explorerbus.com.au) dan Tours Trolley (www.trolleytours.com.au). Harga Explorer Bus AUD 68 beserta paket Scenic World. Kalau Trolley Tours AUD 55 beserta paket Scenic World. Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena Trolley lewatnya setiap 1 jam sekali dan khusus Scenic World setengah jam sekali tetapi harganya lebih murah. Kalau Explorer Bus harganya lebih mahal tetapi lewatnya tiap setengah jam sekali untuk semua. Dan kita memilih pilihan yang lebih murah yaitu Trolley Tours.


Banyak perhentian menarik yang terdapat di sini. Bisa dilihat di peta. Untuk jalur Express Trolley Shuttle ini yang lewat tiap setengah jam sekali. Dan yang Discovery Trolley Tour ini yang lewat tiap 1 jam sekali. Dan pertama berangkat mulai jam 09.45. Dan trolley terakhir berangkat jam 16.45 dan behenti di Carrington Hotel (dekat dengan stasiun) jam 17.42. adi pastikan kalian tidak terlambat untuk trolley terakhirnya.




Pertama kita berhenti di Echo Point untuk berfoto dengan icon di sini yaitu, kabut biru, three sister, dan Jamison Valley.


Setelah itu kita berhenti di Scenic World untuk menikmati beberapa wahana yang sudah disediakan. Ada 4 atraksi yang tersedia. Skyway dan cableway hampir sama tetapi berbeda tempat sehingga berbeda pengalamannya juga. Walkaway ini merupakan jalan setapak di tengah hutan. Railway ini merupakan keretayang naik atau turun dengan kemiringan yang cukup ekstrim (sama seperti The Peak Tram di Hong Kong atau Tram di Penang Hill). Tiket Scenic World sudah termasuk dalam Trolley Tour. Kita bebas menaikinya berkali-kali.



Untuk menuju ke wahana-wahana tersebut, kita harus melewati Walkaway atau jalan setapak yang berada di tengah-tengah hutan. Terdapat juga bekas pertambangan yang tidak boleh dimasuki.




Ini merupakan Railway. Pada saat di sini, semua sudah kecapekan. Kita dapat memilih dari beberapa jalur yang ada dengan pemandangan yang berbeda tentunya.



< Prev                                                                                                                                             Next >

8 comments:

  1. lohh, singkat banget postingannya ko.. hahaha.. baru baca tau-tau udah dibagian akhir..hheheeh.. udah modern banget yaa, padahal di gunung gituu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang singkat. Karena waktu ini kameranya dibawa sama papa Dan papa suka foto2 anak2nya. Jadi yang banyak ya foto2 orangnya dari pada tempat wisatanya.

      Delete
  2. hahah, iya yah the...cepet amitt nihh postingannya?, fotonya kurang banyakk! hahahha
    tapi keren dahh udah pernah kesini sih...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti penjelasan Thea, kameranya dibawa papa sih. Jadi foto tentang tempat wisatanya kurang. Di satu tempat aja untuk satu orang fotonya banyak. Jadi waktunya pun berkurang untuk explore yang lainnya.

      Delete
  3. Wah baru pernah liat mukanya EHS secara jelas ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. Mirip artis kan ?? (Belagu banget sih *timpuk pake bata*)

      Delete
    2. Iya mirip artis dangdut deh kamu


      Hahahaha

      Delete
    3. ♪ Tidak semua laki-laki, bisa seperti artis dangdut ♪

      ♫ Kemana kemana kemana, kuharus mencari dimana ♫

      Kelihatannya sudah cocok jadi artis dangdut hahaha ..

      Delete